Sukses

Lifestyle

Cegah Virus hingga Jaga Paru-Paru, Ini Manfaat Minum Seduhan Susu Kunyit Madu

Fimela.com, Jakarta Kunyit termasuk salah satu tanaman toga, yang berarti akar dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat. Hal ini tentu sudah ditahui secara umum, namun banyak juga yang masih menganggap kunyit hanya sebagai bumbu dapur.

Cukup menyeduh susu kunyit dengan madu sebenarnya sudah mampu memberi manfaat sehat pada tubuh. Cara membuatnya pun tidak susah.

Bahan:

  • 1 sdm kunyit yang sudah diparut (bisa juga menggunakan kunyit kering, ambil 3 keping)
  • 1 sdm madu
  • 250 ml susu putih

Cara membuat:

  1. Hangatkan susu, masukkan kunyit dan masak sambil diaduk.
  2. Cukup hingga susu panas tak perlu sampai mendidih, matikan api.
  3. Saring dan tuang ke dalam gelas, masukkan madu dan aduk rata. Susu kunyit madu siap dinikmati.

Manfaat Kesehatan

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang bersifat antiinflamasi, antivirus dan antimikroba yang sangat efektif menangkal dan menyembuhkan penyakit. Ini sekian manfaat sehat minum susu kunyit madu.

1. Meningkatkan fungsi imun tubuh

Curcumin terbukti dalam berbagai penelitian mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit karena merupakan antioksidan kuat yang berperan sebagai modulator imun, meregulasi dan mempekuat sel-sel tubuh tetap sehat.

2. Menyembuhkan iritasi pencernaan

Beberapa penelitian seperti misalnya yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan bahwa curcumin dalam kunyit mampu menyembuhkan masalah pencernaan, membersihkan usus dari racun dan memperbaiki fungsinya.

3. Melegakan tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat diringankan dengan minum susu kunyit madu karena tekstur lembut susu sekaligus kandungan sehat susu, kunyit dan madu mampu mempercepat kesembuhan.

 

4. Menyembuhkan gejala flu dan batuk

Karena kandungan antivirus pada kunyit dan madu, minum seduhan ini mampu menangkal virus, membunuhnya dan menguatkan imun tubuh. Cocok sekali untuk mencegah infeksi virus penyakit.

5. Menjaga kesehatan paru-paru

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa kandungan curcumin pada kunyit sangat baik mengatasi asma, masalah paru-paru dan sesak napas karena berbagai gangguan kesehatan paru-paru.

Kunyit bahkan terbukti mampu mencegah diabetes dan kanker serta menjaga kesehatan jantung dan hati. Jadi, jika di rumah saja dan ingin tetap sehat melawan virus, rajin minum seduhan susu kunyit madu ya.

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading