Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Bosan Saat di Rumah Saja

ringkasan

  • Bernyanyi
  • Memasak
  • Olahraga di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bekerja dari rumah dan beraktivitas di rumah saja dalam kurun waktu yang lama memang bisa membuat kita merasa bosan. Rutinitas yang monoton memang bisa cukup menjemukan. Rasa bosan yang hadir pun kadang bikin stres sendiri.

Untuk menghilangkan rasa bosan saat di rumah saja, ada banyak cara yang bisa kita coba. Beberapa caranya bahkan terbilang cukup sederhana dan bisa kita sesuaikan sendiri dengan keinginan kita. Berikut ini sejumlah tips  yang bisa dicoba untuk menghalau rasa bosan saat di rumah saja.

1. Bernyanyi

Bebaskan dirimu untuk bernyanyi. Nyanyikan lagu favoritmu atau pilih lagu baru untuk dinyanyikan saat di rumah. Bisa dilakukan bersama anggota keluar lain atau cukup bernyanyi seorang diri. Melansir healthymagazine.com, bernyanyi bisa bantu menenangkan saraf, mengeluarkan endorfin (hormon bahagia), mengeluarkan oksitosin (hormon yang berhubungan dengan rasa cemas dan kadar stres dalam tubuh), dan meredakan gejala serangan panik. Bernyanyi sambil bergoyang atau menggerakkan badan juga dapat menghadirkan perasaan senang. 

2. Memasak 

Bila selama ini kita jarang punya waktu di rumah, kini mumpung di rumah cobalah untuk menguji dan mengasah kemampuan memasakmu. Cobalah memasak sesuatu yang baru. Tak harus mencoba resep rumit, cobalah resep yang mudah terlebih dahulu. Nikmati setiap proses dan langkah-langkah memasaknya. Menikmati sajian atau hidangan buatan sendiri pastinya akan memberi kepuasan batin dan menghalau rasa bosan.

 

3. Olahraga di Rumah

Seharian di rumah dan menjalani rutinitas hanya di rumah saja kadang membuat kita makin jarang bergerak. Ada banyak cara untuk bisa tetap berolahraga di rumah. Kita bisa mengikuti tutorial olahraga di YouTube atau sekadar melakukan relaksasi dengan gerakan yoga sederhana. Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan di rumah dan cukup ampuh untuk  bantu meredakan stres karena bosan. Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat yoga dalam melepas stres karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin sehingga mengurangi kortisol dalam tubuh dengan cara melatih pernapasan dan membuat tubuh rileks.

4. Menonton Film atau Drama

Saat bosan melanda, coba cari hiburan baru melalui nonton film atau drama. Untuk sementara waktu belum bisa ke bioskop, maka kita bisa tetap di rumah saja menikmati film atau bahkan maraton drama. Tonton tayangan yang memang menjadi favorit atau kesukaanmu. Bisa juga mencoba film atau drama dengan genre yang belum pernah kamu coba.

5. Berkebun

Melansir laman prevention.com, aktivitas berkebun bisa mencegah bahkan menurunkan risiko stres. Para ahli menyebutkan bahwa aktivitas berkebun mengajarkan seseorang untuk lebih mengenal dan memahami kehidupan. Berkebun memberikan manfaat dalam mengendalikan stres dan depresi dalam hidup seseorang. Lingkungan yang hijau dan segar bisa menenangkan pikiran kita. Adanya lingkungan yang sehat juga mampu memberikan asupan oksigen yang baik ke tubuh serta otak sehingga tubuh jadi makin sehat serta bahagia.

Tetap semangat selama beraktivitas di rumah, ya. Rasa bosan bisa diatasi dengan berbagai cara. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental selama di rumah demi kebaikan bersama.

#ChangeMaker

;
Loading