Sukses

Lifestyle

7 Cara Ampuh Menjaga Produktivitas Selama WFH

Fimela.com, Jakarta Bekerja dari rumah atau saat ini dikenal sebagai WFH mungkin merupakan rutinitas yang benar- benar baru bagi banyak orang, apa kamu salah satunya? Mulai dari struktur yang berbeda, seperti perjalanan ke kantor, menghadiri rapat, atau menyapa rekan kerja di kantor tentu akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja itu sendiri.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, Google memberikan beberapa kiat ampuh untuk menjaga produktivitas selama WFH. Faktanya, sekitar 39% rapat di Google dilakukan secara online karena melibatkan karyawan dari beberapa kota sekaligus.

1. Menentukan lokasi untuk bekerja

Sebaiknya, tentukan lokasi yang tepat untuk bekerja di rumah. Lokasi ini akan kamu gunakan setiap hari dan letakkan beberapa barang yang kamu kenal di sana.

2. Lakukan rutinitas seperti biasana

Walaupun melakukannya di rumah, lakukan rutinitas bekerja seperti biasa. Jangan langsung bekerja begitu bangun dari tempat tidur, ini akan tidak akan merangsang produktivitas selama WFH.

 

 

3. Mencari jadwal dan energi terbaik

Carilah jadwal di mana kamu memiliki waktu biologis yang optimal. Produktivitas bukan hanya tentang apa yang kamu kerjakan, namun juga waktu kamu mengerjakannya.

4. Jangan bekerja seharian

Yang paling sulit dilakukan ketika WFH adalah menetapkan batasan waktu bekerja. Kamu harus menentukan waktu mulai dan selesai, dan tepati ini.

5. Buat daftar tugas harian sehari sebelumnya

Untuk tetap berada dalam jalur pekerjaan walaupun dilakukan dari rumah, kamu harus membuat daftar harian sehari sebelumnya. Cara ini akan membuatmu tidak bingung dengan apa yang harus dilakukan setiap hari.

6. Siapkan daftar berkelanjutan ketika memiliki waktu luang

WFH berarti kamu juga memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, apapun itu. Siapkan daftarnya dan cari waktu luang untuk menyelesaikannya.

7. Memahami situasi diri sendiri dan orang lain

Jangan membandingkan kondisimu saat ini dengan orang lain. Semua orang melakukan yang terbaik saat ini untuk bisa WFH dan menjaga produktivitas.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading