Sukses

Lifestyle

Ketahui Kandungan Tabir Surya, Agar Aman Digunakan Kulit

Fimela.com, Jakarta Tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang penting digunakan. Tabir surya melindungi kulit dari serangan sinar matahari, pada saat kita berjemur.

Paparan radiasi dari sinar ultraviolet, bisa menimbulkan masalah pada kulit, salah satunya adalah kanker kulit. Melanoma adalah salah satu kanker kulit yang bisa mematikan. Untuk itu tabir surya yang bagus bisa membantu mencegah terjadinya melanoma.

Beberapa orang masih tidak sadar bahwa menggunakan tabir surya sangatlah penting. Dan beberapa orang masih sering lupa menggunakan tabir surya.

Kanker kulit biasanya menyerang orang tua. Karena kulit mereka tidak lagi sekuat orang muda. Walaupun tabir surya bisa digunakan untuk melindungi kulit, serta membantu mencegah terjadinya kanker kulit, namun kandungan tabir surya juga harus diperhatikan agar tidak merusak kesehatan.

Filter Ganda

Tabir surya memiliki dua jenis filter ultraviolet, yaitu filter organik dan anorganik. Filter ultraviolet digunakan untuk melidungi kulit dari serangan sinar matahari.

Filter organik adalah filter yang paling sering digunakan pada tabir surya. Filter organik pada tabir surya bisa menyerap radiasi ultraviolet, kemudian diubah menjadi sinar radiasi yang aman untuk tubuh.

Filter ultraviolet anorganik mengandung titanium dioksida dan seng oksida. Filter ultraviolet anorganik juga aman untuk kulit. Karena bisa memantulkan dan menyingkirkan radiasi ultraviolet dari kulit.

Jangan Gunakan Kandungan Oxybenzone, Paraben dan Phthalate

Tabir surya yang diproduksi, ada yang mengandung bahan oxybenzone, paraben dan phthalate pada filter ultravioletnya. Bahan ini kurang bagus digunakan untuk kulit.

Kandungan paraben dan phthalate merupakan bahan kimia yang mengganggu sistem hormon. Terutama pada ibu hamil.

Phthalate lebih mengganggu ibu hamil, yang mengandung bayi laki-laki.

Kandungan paraben dan phthalate tidak hanya bisa ditemui pada tabir surya, namun juga bisa ditemukan pada produk kosmetik, produk perawatan rambut dan juga produk perawatan kulit.

Sedangkan kandungan oxybenzone juga bisa berpengaruh pada ibu hamil. Kandungan ini lebih berpengaruh pada perkembangan, fungsi dan kesehatan ASI.

Kandungan SPF dan PA

Pada produk tabir surya biasanya ada tulisan SPF dan PA. Kedua komponen itu harus ada pada tabir surya yang dipakai.

SPF merupakan komponen yang bisa mencegah kulit terbakar sinar matahari. Sedangkan PA adalah kandungan yang akan mencegah perubahan warna kulit.

Penyebab utama kulit menjadi berubah warna adalah karena terkena paparan sinar ultraviolet B. Kondisi tersebut biasa disebut dengan sunburn, atau kulit yang terbakar matahari.

Kulit yang terbakar matahari akan mengalami peradangan sementara, dan warna kulit akan berubah menjadi kemerahan. Selain itu kulit akan mengalami pengelupasan.

Kondisi kulit yang menggelap biasa disebut dengan suntan. Kondisi kulit yang menggelap disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet A.

Cara Memilih Tabir Surya yang Aman Dipakai Setiap Hari

Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari, agar kulit terhindar dari serangan sinar matahari.

Produk tabir surya yang digunakan harus mengandung SPF dan PA, yang tepat digunakan sesuai dengan kebutuhan harian.

Semakin tinggi angka SPF dan PA yang terdapat pada tabir surya, semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan tabir surya tersebut.

Namun kandungan SPF dan PA bisa membuat iritasi juga pada kulit. Sehingga harus diperhatikan dulu jumlah SPF dan PA pada tabir surya, sebelum digunakan sehari-hari.

Kalau Sahabat Fimela ingin melakukan kegiatan sehari-hari, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 15 dan PA+.

Buat yang sering melakukan kegiatan olahraga dan rekreasi di luar ruangan. Gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 15 hingga 30 dan PA++.

Jika ingin melakukan kegiatan berlibur ke pantai, atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari yang kuat, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 30 hingga 50 dan PA+++.

Cara Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya harus digunakan pada pagi dan siang hari, pada saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

Tabir surya bisa diaplikasikan kira-kira sebanyak 2mg per sentimeter2. Tuangkan tabir surya ditangan kira-kira seukuran koin, atau sebesar tiga jari tanganmu.

Pada umumnya banyak orang berpendapat bahwa tabir surya yang memiliki kandungan SPF 15 dan PA+, sudah cukup digunakan pada kegiatan setiap harinya.

Tetapi jika takaran tabir surya yang diaplikasikan di kulit terlalu sedikit, khasiat serta perlindungan tabir surya pun tidak akan maksimal.

Maka aplikasikanlah tabir surya sesuai takaran, dan ulangi penggunaan tabir surya setiap 4jam sekali.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Urutan Memakai Makeup Mata untuk Pemula
Artikel Selanjutnya
Gejala Gerd dan Cara Menyembuhkannya dengan Mudah