Sukses

Lifestyle

Ramadan Sungguh Istimewa, Orang yang Berpuasa akan Terhalang dari Dosa

Fimela.com, Jakarta Ada yang punya harapan bisa menjalani bulan Ramadan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya? Ya, harapan kita sama. Menunaikan ibadah puasa sebulan penuh selama Ramadan adalah sebuah keistimewaan sendiri. Sungguh beruntung orang-orang yang berpuasa karena ada banyak kebaikan yang bisa didapat.

Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan saat berpuasa. Bukan sekadar menahan haus dan lapar saja. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, puasa dapat menjadi penghalang dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya puasa itu adalah penghalang (dari perbuatan dosa). Maka, apabila seseorang di antara kalian sedang berpuasa, janganlah mengucapkan perkataan yang keji dan janganlah berbuat jahil. Dan seandainya ada orang yang mengajaknya berkelahi atau melontarkan makian kepadanya, hendaklah ia menjawab, 'Aku sedang berpuasa,'" (HR Bukhari)

Puasa Jauhkan Diri dari Api Neraka

Menunaikan ibadah puasa semata-mata untuk mencapai rida Allah SWT maka kita akan dijauhkan dari api neraka. "Barang siapa berpuasa sehari karena mengharap rida Allah SWT, niscaya Allah SWT akan menjauhkan dirinya dari Jahanam sejauh burung gagak yang terbang membawa anaknya sampai ia mati tua." (HR. Abu Ya'la dan Baihaqi dari Salamah bin Qaishar ra.)

Puasa kita bisa menjadi penghalang dosa selama kita bisa menunaikan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Mematuhi perintah-Nya dan menjauh semua larangan-Nya. Dengan begitu, bulan Ramadan kali ini bisa terasa lebih bermakna dan penuh berkah. Di balik upaya kita menahan haus dan lapar, ada banyak kebaikan yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa.

Tetap semangat beribadah dari awal hingga akhir bulan Ramadan, ya. Semoga kita semua dilimpahi banyak berkah dan dapat menebar lebih banyak kebaikan untuk orang lain.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading