Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Menjalankan Ibadah Puasa agar Tetap Berenergi

Fimela.com, Jakarta Ramadan adalah bulan kebesaran, bulan amal saleh, bulan Al-Quran, bulan karunia dan rahmat. Ini adalah bulan kesembilan dari kalender Hijra dan di bulan ini diamanatkan kepada setiap Muslim untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Namun, dikecualikan untuk perempuan hamil, menyusui, perempuan saat haid, anak-anak, orang tua, dan orang yang sedang sakit kritis.  

Selama Ramadan berlangsung, pola makan, tidur dan kegiatan sehari-hari sedikit berubah dan perubahan ini mungkin sedikit sulit di terima oleh sebagian orang. Karena hal tersebut, cobalah melakukan daftar rekomendasi berikut ini untuk menjalankan ibadah puasa dengan cara yang sehat dan tetap berenergi. 

Sahur

Salah satu poin utama dalam puasa adalah makan dengan porsi kecil. Sebelum memulai berpuasa, sangat dianjurkan untuk melakukan sahur dan ini berkaitan dengan kesehatan kita. Tidak boleh dilupakan bahwa memulai puasa hanya dengan minum air putih atau tanpa makan apa pun, hal itu tidak sehat. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa lapar yang berlanjut selama hampir 12 jam berpuasa. Sebagai hasilnya, glukosa dalam tubuh berkurang dan membuat kita merasa lemas, untuk melakukan kegiatan. Setidaknya konsumsi susu dan sarapan ringan dengan telur, sayuran dan roti gandum untuk memberikan energi pada tubuh saat puasa berlangsung.

 

Batasi Asupan Lemak

Ada baiknnya untuk membatasi asupan lemak berlebih saat menjalankan puasa. Makanan berlemak hanya akan membuatmu merasa malas melakukan kegiatan. Jika ini dibiarkan, maka akan menimbun lemak berlebih yang memicu penyakit kolesterol. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat, kurangi mengonsumsi gorengan yang berminyak.

Tetap Terhidrasi

Untuk mengganti air dan mineral dalam tubuh yang hilang karena cuaca yang panas dan berpuasa seharian,  Sahabat Fimela harus banyak memperhatikan konsumsi air dan cairan seperti air putih dan jus buah. Alih-alih memilih makanan penutup, buah dan susu dapat menjadi pilihan baik sebagai hidangan penutup buka puasa.

Konsumsi Vitamin

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh mengonsumsi buah dan sayur cukup membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, menjaga daya tahan tubuh dapat ditambah dengan mengonsumsi vitamin. Banyak jenis vitamin yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Pola Tidur

Ketika memasuki bulan puasa tentunya akan ada sedikit perubahan pada beberapa aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk menjaga pola tidur dengan baik. Jangan terlalu bergadang karena kita akan terbangun lebih awal untuk  melaksakan sahur. Lakukan tidur lebih awal dan bangun saat sahur akan terasa lebih segar. Mengatur pola tidur juga cukup penting dilakukan, untuk menghindari keletihan saat siang hari ketika kita menjalankan aktivitas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan saat Sahabat Fimela hendak melaksanakan ibadah puasa. Persiapakan semua dari awal dengan niat yang baik. 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading