Sukses

Lifestyle

Bau Mulut tidak Sedap Selama Berpuasa? Atasi dengan 6 Langkah Ini

Fimela.com, Jakarta Puasa yang mengharuskan kita untuk tidak makan dan tidak minum dimulai dari fajar sampai matahari terbenam. Hal ini sangat mungkin membuat mulut menjadi kering dan mengakibatkan timbulnya bau tidak sedap. Tidak perlu khawatir, ada berbagai macam cara agar kamu tetap bisa menjaga kesegaran area mulut serta menjaga kesehatan gigi dan gusi selama berpuasa.

Melansir dari Web MD, Cobalah melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini untuk membantu mengatasi bau mulut tidak sedap agar terasa lebih segar dan bersih.

1. Lebih sering menyikat gigi

Penumpukan plak pada area gigi dapat mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap di dalamnya juga akan menambah masalah. Cobalah mengganti rutinitas sikat gigi setidaknya dua kali setiap hari. melakukannya sedikit lebih sering merupakan hal yang lebih baik lagi. Tapi jangan berlebihan, sebab jika kamu menyikat terlalu keras akan mengakibatkan kerusakan pada gigi, sehingga membuatnya mudah rusak.

2. Bilas mulut dengan cairan mouth wash

Selain menyegarkan napas, cairan mouth wash menambah perlindungan ekstra untuk menyingkirkan bakteri. Pilihan rasa mint sangat tepat untuk menyegarkan mulut dengan maksimal. Pastikan mouth wash yang kamu pilih dapat benar-benar membunuh kuman penyebab bau mulut, bukan hanya menutupi bau. Bilas setiap hari dengan mouth wash yang baik dan hentikan bau mulut pada sumbernya. Kamu juga bisa membantu napas tetap segar dengan membilas mulut setelah makan dengan air putih. Ini bisa menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi.

3. Menyikat lidah dengan sikat gigi

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah bisa menjadi inang bagi bakteri berbau. Untuk menghilangkannya, sikat lidah dengan lembut menggunakan punggung sikat gigi. Jika sikat gigi terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah kamu dengan nyaman, kamu bisa mencoba menggunakan scraper. "Mereka dirancang khusus untuk memberikan tekanan merata di permukaan area lidah. Ini menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati karena menyikat gigi saja tidak bisa mengatasinya," kata ahli kebersihan Pamela L. Quinones, mantan presiden American Dental Hygienists Association.

4. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Jika kamu menyukai bawang putih, masalah bau mulut akan sering menghantui. Bahkan menyikat gigi setelah kamu mengonsumsi bawang putih mentah tidak akan membantu apapun. Zat-zat yang menyebabkan bau busuk pada bawang putih cukup sulit diatasi kata dokter gigi Richard Price, DMD, juru bicara American Dental Association. Cara terbaik untuk menghentikan masalah ini adalah dengan menghindari santapan dengan bawang putih mentah jika kamu hendak bertemu banyak orang.

5. Jaga gusi tetap sehat

Permasalahan gusi rentan menyebabkan bau mulut. Bakteri berkumpul di saku di dasar gigi, yang menciptakan bau. Jika memiliki permasalahan pada area gusi, dokter gigi mungkin akan menyarankan kamu mengunjungi seorang periodontis, yang mampu mengatasinya.

 

6. Jaga area mulut tetap lembap

Kamu bisa mendapatkan kerusakan gigi dan bau mulut jika kamu tidak membuat air liur yang cukup. Jika mulut mudah kering, minumlah air putih yang banyak saat sahur dan berbuka. Saat akan melaksanakan salat, berkumurlah dengan sebaik mungkin saat sedang berwudhu atau kamu juga bisa mengunyah permen karet tanpa gula saat sahur dan berbuka, hindari juga makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan.

Penulis: Iffah

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading