Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Kolak Pisang yang Tidak Eneg

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Kolak pisang merupakan salah satu menu yang sering ditemui dan dibuat untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis memang menjadikan kolak ini digemari banyak orang. Namun, bagi yang memiliki lambung yang sensitif, biasanya perlu menghindari olahan yang bersantan agar perut tidak mual setelah berjam-jam puasa.

Kali ini ada cara yang bisa dicoba untuk membuat kolak pisang yang tidak eneg sehingga cukup aman untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak pisang yang satu ini juga pas disajikan untuk berbuka puasa. Selengkapnya, langsung simak infonya di sini, ya.

1. Tak Perlu Memakai Santan

Supaya kolak tidak terlalu eneg, kita tak perlu memakai santan. Meski memang unsur utama dalam olahan kolak adalah santan, tapi jika ingin hasilnya tidak terlalu eneg maka kita tak perlu memakai santan kelapa. Warna kuahnya pun tidak terlalu pekat.

 

2. Gunakan Gula Merah dan Rempah

Pakai gula merah untuk membuat kolak pisang yang legit. Tambahkan juga bahan rempah seperti cengkeh dan kayu manis untuk membuat aromanya lebih wangi. Bisa disesuaikan dengan selera. Kita bisa menyiapkan bahan-bahan ini untuk membuat kolak pisang.

  • 4 buah pisang kepok
  • 3 batang kayu manis
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 blok gula merah
  • 1/4 sdt garam

Buat Air Rebusan Gula

Siapkan panci. Rebus air, gula merah, kayu manis, dan daun pandan yang diikat simpul. Rebus hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar tercampur rata.

Masukkan Irisan Buah Pisang

Buang pisang yang sudah diiris langsung dimasukkan ke dalam air rebusan gula. Tambahkan garam. Koreksi rasa. Setelah empuk, angkat dan sajikan.

Mudah sekali kan membuatnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading