Sukses

Lifestyle

Tips untuk Menjalankan Puasa Ramadan Agar Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan telah tiba, ini adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi sebagian besar umat Islam di seluruh dunia. Kita dapat melakukan banyak kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan amal saleh misalnya seperti membaca Al-Quran, bersedekah, dan melakukan perbuatan baik. Memiliki harapan tinggi pada diri sendiri dan ibadah adalah penting, tetapi kadang-kadang dapat menjatuhkanmu, bahkan sebelum Ramadan dimulai. Nah, berikut ini adalah tips terbaik untuk menjalankan Ramadan yang luar biasa.

Pengingat Taqwa

Ketahuilah aktivitas-aktivitas seperti sahur, buka puasa, amal, tarawih semua bermuara menjadi satu, yang berhubungan dengan Allah. Dalam Ramadan ini, berusahalah agar hatimu hadir sepenuhnya. Sementara pikiranmu mungkin akan sibuk memikirkan buka puasa, menyiapkan makanan untuk anak, dan lain-lain.  Sebaiknya cari tahu kelemahan, kekurangan, dan kebiasaan butukmu. Ubahlah menjadi permohonan yang tulus dan doa yang gigih kepada Allah untuk memperbaiki dirimu. Ingtakan dirimu terlebih dahulu dan sampaikan tujuan puasamu adalah untuk mendapatkan taqwa.

Lakukan Semua dengan Niat

Membuat niat tertentu dengan sesuatu yang akan dilakukan. Ramadan ini dan seterusnya, menjadikan niatmu sebagai prioritas utama. Biasakan membuat niat untuk menyenangkan Allah dalam segala hal yang dirimu lakukan. Niyyah (niat) dapat mengubah tugas kehidupan sehari-hari menjadi tindakan ibadah. Sebagai contoh, tidurlah dengan niat untuk mendapatan kekuatan untuk melakukan perbuatan baik pada hari berikutnya atas kehendak Allah.

Berdzikir

Ini adalah waktu yang sakral. Biasakan untuk mengucap frasa dzikir (mengingat Allah) sepanjang hari seperti “Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar, astaghfirullah, laa ilaaha illAllah, laa hawla wa laa quawatta illa billaah…” Ini adalah bentuk ibadah yang mudah dengan pahala yang besar dari Allah.

Memaknai Al-Quran

Ketika kita membaca Al-Quran baiknya juga memaknai setiap ayat yang telah kita baca. Kita dapat menggunakan Al-Quran sebagai panduan hidup sehari-hari. Bahkan Nabi Muhammad mengatakan

Siapa pun yang membaca Surah Zalzilah (99) akan mendapatkan pahala sama dengan setengah dari Al-Quran . Siapa pun yang membaca Surah Al-Kaafirus (109) akan mendapatkan pahala seolah-olah membaca seperempat dari Al-Quran. Siapa pun yang membaca Surah Al-Ikhlas (112) akan mendapatkan pahala seolah-olah membaca sepertiga dari Al-Quran” (At-Tirmidzi).

Sadarilah dan jangan pernah lupa bahwa tawfeeq (kemampuan yang diberikan kepada kita oleh Allah) tidak akan terjadi apa-apa. Mintalah kepada Allah untuk pengampunan-Nya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading