Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mendengarkan Podcast Sebagai Salah Satu Aktivitas Ngabuburit Virtual

Fimela.com, Jakarta Mendengarkan podcast adalah salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat dan juga banyak memberikan edukasi. Tidak seperti platform lain yang mengharuskan orang untuk terus menyimak secara audio visual, mendengarkan podcast bisa dilakukan dengan mengerjakan aktivitas lain.

Podcast sendiri kini berkembang pesat dan disukai banyak orang karena kontennya yang beragam dan menarik. Mulai dari konten kehidupan, percintaan, hingga bisnis bisa kamu temukan. Mendengarkan podcast juga merupakan salah satu hal yang dilakukan dalam menerapkan ngabuburit virtual.

Pada saat ramadan ditengah pandemi Covid-19 pasti menjadi dilema bagi banyak orang karena tidak bisa merayakan momen ramadan seperti biasanya, ngabuburit misalnya. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan secara virtual dengan mendengarkan podcast favoritmu sambil menunggu waktu adzan untuk berbuka.

Mendengarkan podcast bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Buat kamu yang mau mencobanya, simak artikel berikut. Fimela.com akan membagikan informasi 4 manfaat mendengarkan podcast sebagai salah satu aktivitas ngabuburit virtual

Memberikan Banyak Informasi Dari Beragam Konten

Manfaat podcast yang pertama ialah dapat memberikan informasi karena ada banyak konten yang membahas berbagai macam aspek. Mulai dari yang ringan pembahasannya seperti, kehidupan dan percintaan hingga yang berat seperti self-improvement dan bisnis.

Tentunya mendengarkan podcast juga salah bentuk mencari ilmu secara informal, karena kamu akan mendegarkan banyak hal yang bisa jadi belum pernah kamu dengar atau dapatkan dalam pendidikan formal misalnya. Pengetahuanmu akan bertambah melalui pembahasan maupun percakapan tentang suatu topik yang ada didalam podcast.

Kemudian, mendengarkan podcast juga merupakan aktivitas yang tidak membosankan karena biasanya para content creator akan membuat kontennya semenarik mungkin agar yang mendengarkan tidak bosan. Menunggu waktu berbuka jadi tidak terasa berat lagi sambil mendengarkan podcast.

Melatih Imajinasi

Selanjutnya, manfaat mendengarkan podcast adalah melatih imajinasi kamu pada saat mendengarkan. Podcast biasanya disajikan dalam bentuk audio atau rekaman saja walaupun ada beberapa juga yang menyediakannya dalam bentuk video di youtube.

Ketika kamu mendengarkan podcast yang disajikan dalam bentuk audio atau rekaman, pastinya selama mendengarkan kamu akan berimajinasi dengan segala penjelasan yang diucapkan atau dibahas didalamnya. Kamu bisa tersenyum bahkan tertawa saat mendengarkan podcast karena secara tidak langsung kamu membayangkannya.

Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Ketiga, manfaat mendengarkan podcast ialah belajar menjadi pendengar yang baik karena tidak semua orang bisa menahan diri untuk mendengarkan sesuatu. Kita tentunya senang bila didengarkan tetapi kemampuan mendengarkan itu harus dilatih, dan kamu bisa melatihnya dengan mendengarkan podcast.

Walaupun nampak sepele tetapi mendengarkan itu bukan sesuatu yang semua orang bisa melakukannya. Banyak orang pintar berbicara tetapi ia tidak pandai mendengar karena egonya yang tinggi.

Maka dari itu, dengan mendengarkan podcast secara tidak langsung kamu belajar menjadi pendengar yang baik karena kamu memiliki niat juga untuk mendapatkan suatu informasi didalamnya. Menjadi pendengar yang baik adalah karakter baik yang harus dilatih karena akan sangat berguna untukmu dan juga orang lain.

Melatih Simulasi Otak

Terakhir, manfaat dari mendengarkan podcast ialah dapat melatih simulasi otak hal ini sesuai dengan yang disarankan oleh situs-situs edukasi. Kemampuan otak dalam berimajinasi saat mendengarkan podcast biasa disebut dengan ‘brain gym’. Karena pada umumnya podcast tidak memiliki visual, otak kita akan lebih fokus pada indera pendengaran dalam menggali informasi.

Brain gymn dapat dilatih dengan ketidakhadiran elemen visual dalam podcast yang membuat kita lebih imajinatif dalam menggambarkan hal-hal yang informasinya kita dapat melalui indera pendengaran tadi. Selain itu fokus diskusi yang ada di dalam podcast menitikberatkan pada seni berpikir kritis.

;
Loading