Sukses

Lifestyle

6 Tips Belanja Kebutuhan Selama Ramadan di Tengah Wabah Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Ramadan membuat sebagian besar orang melakukan belanja kebutuhan pokok secara berlebihan. Ini menyebabkan beberapa bahan pokok mengalami keterlambatan distribusi dan melonjaknya harga kebutuhan pokok lainnya. Terlebih di bulan Ramadan seperti saat ini, diperingati di tengah wabah virus corona yang menyebar di seluruh dunia. Hal ini membuat kita harus melakukan jarak sosial bahkan karantina. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk belanja dengan aman dan cerdas selama Ramadan meskipun di tengah pandemi corona.

Buat Daftar Belanja yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan belanja kebutuhan, ada baiknya untuk membuat daftar kebutuhan yang hendak dibeli. Usahakan untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan. Jika ada barang yang tidak terlalu penting sebaiknya tidak perlu untuk membelinya.

Tetapkan Anggaran

Selain mempersiapkan daftar belanja, ada baiknya Sahabat Fimela menetapkan anggaran belanja. Persiapkan daftar belanja sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan untuk bulan ini. Tetapkan daftarmu dan jangan menambah item yang tidak benar-benar diperlukan.

Batasai Jumlah Orang yang Pergi Belanja

Tidak semua orang di rumah perlu pergi belanja bersama. Sebaiknya satu atau dua orang saja untuk melakukan belanja. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah orang di  jalan dan toko untuk mengikuti rekomendasi jarak sosial.

Menjaga Diri

Jika hendak belanja perhatikan dirimu. Jangan keluar rumah tanpa mengenakan masker. Penggunaan masker dapat membantu mengurangi penularan dari virus corona melalui tetesan air liur yang mungkin saja terbawa oleh udara. Jangan lupa juga untuk menggunakan pembersih tangan seperti hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% saat bepergian. Bila memungkinkan untuk cuci tangan, sebaiknya lakukan dengan sabun dan bilas tangan hingga bersih.

Belanja Online

Jika di sekitar kita terdapat jasa penjualan kebutuhan secara online kita bisa memanfaatkannya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat melakukan belanja online. Yang pertama, kita membantu dalam menjaga jarak sosial dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Kedua, memberikan kesempatan kepada kita untuk merencakan belanja dengan baik. Selain itu juga dapat menghemat waktu. Ketiga, Belanja secara online dapat mencegah panic buying yang dapat membuat kebutuhan sulit di dapatkan.

Membuat Makanan Sendiri

Hindari makana cepat saji yang berdampak buruk bagi kesehatan dan akan menamah jumlah anggaran. Sebaiknya buatlah makanan sendiri di rumah yang lebih jelas nutrisi dan kebersihannya. Selain itu konsumsi lebih banyak sayur dan buah segar, ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut tadi beberapa tips yang dapat dicoba untuk melakukan belanja lebih cermat dan aman selama Ramadan di tengah pandemi COVID-19. Jangan lakukan panic buying, karena hal ini dapat memicu kelangkaan bahan pokok dan kebutuhan lainnya, yang akan menyulitkan semua orang.

 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading