Sukses

Lifestyle

Hanyutkan Dosa Hingga Pancarkan Cahaya, 4 Keutamaan Wudu

Fimela.com, Jakarta Sebelum salat, kita harus bersuci dengan cara berwudu. Wudu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Dalam pelaksanaannya, ada syarat sah dan rukun yang perlu diikuti. Tapi tahukah bahwa wudu memiliki sejumlah keutamaan?

Ya, wudu memiliki beberapa keutamaan. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, wudu dapat merontokkan dosa hingga memancarkan cahaya. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Menghanyutkan Dosa

Pada saat kita berwudu, maka rontoklah dosa-dosa yang telah dilakukan oleh seluruh anggota wudu kita bersamaan dengan mengucurnya air. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Apabila seorang muslim atau mukmin berwudu, maka ketika dia membasuh muka hilanglah segala dosa matanya, hanyut bersama air hingga tetes yang penghabisan. Apabila ia mencuci tangan, hilang pula segala dosa yang diperbuat tangannya, hanyut bersama air hingga tetes yang penghabisan. Apabila ia mencuci kaki, hapus jualah dosa-dosa yang dilakukan kakinya, hanyut bersama air hingga tetes terakhir, sehingga akhirnya ia bersih dari segala dosa." (HR. Muslim)

2. Mendapat Kesempurnaan Salat

Kesempurnaan salat juga sangat bergantung pada kesempurnaan wudu. Lakukan wudu dengan baik untuk mendapatkan kesempurnaan salat. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya salat seseorang itu tidak akan sempurna sampai ia menyempurnakan wudunya sebagaimana apa yang sudah dianjurkan oleh Allah Ta'ala. Yakni membasuh wajahnya, kedua tangannya hingga kedua siku, mengusap kepalanya, dan membasuh kedua kaki sampai kedua mata kakinya." (HR. Ibnu Majah)

 

3. Mendapatkan Cahaya Wudu

Bekas air wudu kelak akan pancarkan cahaya. Secara lahiriah seluruh anggota wudu yang telah kita basuh akan mengering dan tidak berbekas. Namun, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Seseungguhnya pada hari kiamat kelak, umatku akan dihadapkan dalam keadaan putih bercahaya karena bekas air wudunya." (HR. Lima Imam Hadits, kecuali Abu Dawud). Selama masih dalam keadaan sebagai muslim, kelak kita akan mendapatkan cahaya wudu yang terpancar dari tubuh kita.

4. Mendapat Sepuluh Kebaikan

Wudu di atas wudu bisa membuahkan sepuluh kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang berwudu dalam keadaan suci, ditulislah untuknya sepuluh kebaikan." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah). Seperti saat setelah salat Magrib sampai waktu masuk salat Isya' masih daam keadaan suci, lalu berwudu lagi meski belum batal, maka akan mendapat sepuluh kebaikan. 

Luar biasa sekali ya keutamaan wudu ini. Mari kita perbaiki dan sempurnakan lagi wudu kita selama bulan Ramadan ini supaya bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan di atas.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading