Sukses

Lifestyle

Tips Mengatasi Kantuk di Siang Hari saat Kerja dan Melaksanakan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan, bulan yang yang mewajibkan bagi sebagian besar Muslim melakukan ibadah puasa. Sementara menahan diri dari makan dan minum di siang hari adalah tantangan tersendiri. Ini adalah tantangan yang dialami oleh kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa kantuk yang sering muncul ketika mereka bekerja. Kadar gula darah akan menurun saat puasa, sehingga membuat tubuh lemah dan otal sulit berkonsentrasi. Tidak heran, itu menyebabkan kantuk yang dapat memengaruhi produktivtas seseorang. Terlebih rasa kantuk ini akan muncul di jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan tidur. Berikut ini beberapa tips mengatasi rasa kantuk siang hari saat puasa.

Tidak Bergadang

Saat puasa aka nada perubahan dalam pola tidur karena kita harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah sebabnya mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Untuk mencegah hal ini, kita harus memastikan bahwa kita  memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari. Jika tidak ada kebutuhan yang benar-benar penting, hindari tidur larut malam dan tidur lebih cepat dari biasanya. Pastikan dirimu memiliki kualitas tidur yang baik sehingga akan tetap segar ketika bangun tidur di pagi hari.

Lakukan Tidur Siang

Karena puasa kita tidak perlu menggunakan waktu istirahat untuk makan siang, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tidur siang yang nyenyak. Jika memungkinkan, kita dapat mengatur alarm sekitar 5-10 menit untuk tidur di meja kerja. Hal ini dilakukan diharapkan pikiran menjadi lebih segar dan lebih produktif dalam menyelesaikan tugas.

Mencuci Muka

Ketika keinginan untuk tidur datang, kita bisa mencoba ke kamar mandi dan mencuci muka dengan air dingin. Metode ini telah terbukti mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Air dingin juga membantu kita menjadi lebih rileks dan segar sehingga dapat berkonsetrasi kembali pada pekerjaanmu.

Lakukan Peregangan Sederhana

Bagi sebagian orang akan cenderung lebih mudah mengantuk ketika mereka hanya duduk diam di meja kerja mereka untuk waktu yang cukup lama. Karena itu, kita dapat mencoba melakukan peregangan sederhana di sekitar meja kerja untuk menggerakkan otot. Kita dapat melakukan latihan fisik ringan selama beberapa menit. Ini akan membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak saat mengusir rasa kantuk.

Rasa kantuk ini wajar terjadi ketika kadar gula dalam tubuh kita menurun dan membuat kita mengantuk dan merasa lelah. Lakukan beberapa hal di atas untuk membuatmu menjadi lebih berenergi dan tidak mengantuk. Atau mungkin Sahabat Fimela memiliki cara sendiri untuk menyingkirkan rasa kantuk saat puasa?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading