Sukses

Lifestyle

Pahala Puasamu Bisa Berkurang Gara-Gara Ini

Fimela.com, Jakarta Berpuasa selama bulan Ramadan, kita jelas mengharapkan pahala dan rida Allah SWT. Bukan sebatas mendapatkan haus dan lapar saja. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya dan menghindari hal-hal yang membatalkan puasa.

Secara umum kita tahu bahwa hal-hal yang termasuk membatalkan puasa, antara lain makan dan minum dengan sengaja, muntah dengan sengaja, dan berhubungan suami istri pada siang hari. Saat kita melakukan hal tersebut, maka batallah puasa kita. Tapi tahu tidak bahwa ada hal lain yang bisa membatalkan pahala puasa kita? Ada hal-hal yang bila dilakukan akan mengurangi pahala puasa kita.

Berbohong dan Bergunjing

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Banyak orang yang berpuasa hanya mendapatkan dari puasanya itu lapar dan dahaga. Banyak pula orang yang mengerjakan salat malam hanya mendapatkan dari bangun malamnya itu begadang saja." (HR. Ibnu Majah, Nasa'i, dan Ibnu Khuzaimah).

Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada dua hal yang bisa mengurangi pahala puasa, yaitu berbohong dan bergunjing. Melakukan dua hal tersebut, puasa yang kita lakukan tidaklah batal tapi pahalanya berkurang. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, melainkan juga menahan diri dari kata-kata yang sia-sia dan dusta." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Menurut Hakim, hadis ini sahih berdasarkan kriteria Imam Muslim)

Mendengar pembicaraan yang dibenci oleh agama juga sebaiknya tak kita lakukan. Bergunjing, menggosip, dan membicarakan keburukan orang lain bisa mengurangi pahala puasa kita. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Orang yang menggunjing dan yang mendengarkan gunjingan, sama dosanya." (HR. Thabrani)

Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini dengan baik, ya. Dijauhkan dari hal-hal buruk yang bisa membatalkan puasa atau mengurangi pahala puasa kita. Semoga bukan hanya haus dan lapar saja yang kita dapatkan, tetapi juga pahala dan keberkahan puasa. 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Mudah Kini Zakat dan Donasi Bisa Online, Begini Caranya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Hemat Belanja Online Selama Ramadan Ala Raffi Ahmad dan Nagita Slavina