Sukses

Lifestyle

Dukung Pebisnis Atasi Dampak Pandemi COVID-19, Instagram Luncurkan Pelatihan Gratis

Fimela.com, Jakarta Corona atau COVID-19 bukan ternyata juga memengaruhi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau (UMKM). Mereka kini terus berjuang menjaga kelangsungan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi dan pemasaran di platform daring. Seperti Instagram misalnya. 

Untuk itu, Instagram meluncurkan dua inisiatif untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia, terutama di bidang kuliner dalam membangun strategi pemasaran yang sesuai dan meningkatkan penjualan. 

Inisiasi pertama adalah pelatihan gratis untuk membantu para pelaku UMKM menyesuaikan strategi pemasaran di tengan pandemi ini. pelatihan gratis ini merupakan buah kerjasama dengan Kreavi. Bersama-sama, Instagram dan Kreavi menghadirkan program Akademi Instagram yang akan dilakukan secara virtual dan mengusung kurikulum yang telah didesain mengikuti tantangan di tenah pandemi ini. 

Para peserta Akademi Instagram #dirumahaja bakal dilatih para pakar dari berbagai bidang. Pembahasannya seputar cara mengelola bisnis di tengah pandemi, juga ilmu kreatif untuk membangun komunikasi dengan pelanggan lewat kekuatan visual dan copywriting. 

Program Akademi Instagram #dirumahaja akan disiarkan secara terbuka di akun Facebook Kreavi dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei 2020. Menurut  Pieter Lydian, Country Director untuk the Facebook Company di Indonesia, Instagram ingin memberikan pelatihan gratis yang dibutuhkan pebisnis di tengah masa sulit. 

“Sejalan dengan komitmen berkelanjutan kami dalam mendorong laju pertumbuhan UMKM di Indonesia, Instagram ingin memberikan pelatihan gratis yang dibutuhkan pebisnis di tengah masa sulit seperti ini. Bersama dengan mitra kami Kreavi, kami telah menyusun kurikulum berdasarkan insight yang kami kumpulkan dari industri, serta bagaimana pebisnis bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Facebook dan Instagram untuk terus meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Melalui Akademi Instagram #dirumahaja, kami menargetkan dapat menjangkau hingga lebih dari 5.000 pelaku UMKM di Indonesia dan 30% diantara akan kami dedikasikan untuk pelaku bisnis kuliner,” tutur Pieter. 

Stiker Pesanan Makanan

Selain itu, untuk menambah dukungan kepada pelaku bisnis kuliner, Instagram meluncurkan fitur stiker pesanan makanan. Opsi stiker “Pesanan Makanan” di Stories muncul pada akun bisnis untuk memasukkan tautan bisnis di aplikasi mitra pengantar makanan. 

Jadi, kamu bisa mempromosikan makanan atau minuman yang kamu jual. Sementara followersmu bisa langsug mengetuk tulisan 'Pesan' untuk langsung melakukan pemesanan. 

“Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan. Kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram,” ujar Kaylie Smith, Head of Market Operations, Instagram APAC.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading