Sukses

Lifestyle

Makanan yang Sebaiknya tak Dikonsumsi saat Perut Kosong Waktu Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Ketika suara azan Magrib berkumandang saat Ramadan, rasanya tak sabar untuk segera berbuka puasa dan makan banyak. Setelah seharian berpuasa, wajar bila rasa haus dan lapar membuat kita rasanya ingin segera menyantap semua makanan yang ada. Namun, sebaiknya tak buru-buru menyantap makanan ketika berbuka puasa.

Saat perut masih kosong usai berpuasa seharian, ada baiknya minum air putih terlebih dahulu. Lalu bisa makan kurma dan beri jeda beberapa menit. Awali dengan makanan manis, lalu beri jeda sebentar. Bisa salat terlebih dahulu, baru mulai mengonsumsi makanan yang lebih berat sedikit demi sedikit.

Melansir gaiagoodhealth.com, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan kosong. Apa saja? Berikut uraiannya.

Buah-buahan Citrus

Buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya sebaiknya tak dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan benar-benar kosong setelah puasa seharian. Kandungan asamnya bisa meningkatkan produksi asam di dalam usus. Hal ini bisa menyebabkan gangguan seperti gastric ulcer, gastritis, dan heartburn. Ada baiknya tidak mengonsumsinya saat perut masih kosong ketika waktu berbuka puasa tiba.

Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat tinggi yang dapat memperkuat tulang dan membantu bakteri baik untuk tumbuh. Namun, mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong tidak disarankan. Perut kosong sudah memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga jika yoghurt dikonsumsi dalam kondisi seperti itu, nantinya malah memicu refluks asam lambung. 

Makanan Pedas

Perut masih dalam keadaan kosong lalu langsung mengonsumsi makanan pedas, dampaknya bisa meningkatkan produksi asam di dalam perut. Kondisi ini pun bisa memicu masalah pencernaan. Meski suka makanan pedas, ada baiknya saat berbuka puasa tidak langsung mengawali makan dengan hidangan yang berbumbu pedas, ya.

Buah Pisang

Mengonsumsi buah pisang saat perut kosong dapat meningkatkan kadar magnesium dalam darah yang kurang baik untuk jantung. Buah pisang memang baik untuk kesehatan, tapi konsumsilah di saat yang tepat. Sebaiknya tak langsung dikonsumsi saat perut masih kosong ketika berbuka puasa.

Minuman berkafein juga sebaiknya tak diminum saat perut masih kosong waktu berbuka puasa, ya. Atur pola makan dengan baik supaya ibadah puasa selama bulan Ramadan ini lancar.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading