Sukses

Lifestyle

10 Manfaat Timun Suri Dikonsumsi saat Bulan Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Di bulan puasa, banyak sekali pedagang yang menjual timun suri. Ternyata timun suri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Timun suri memiliki bentuk lonjong, dan warnanya kekuning-kuningan. Timun suri memiliki kandungan air yang banyak. Timun suri termasuk jenis labu-labuan, walaupun bernama timun, namun timun suri masih sejenis dengan labu dan melon.

Timun suri memiliki kandungan nutrisi seperti asam linoleate, vitamin A dan vitamin C. Timun suri juga memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 10 manfaat timun suri, yang baik dikonsumsi saat bulan puasa, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Bermanfaat untuk Mencegah Radikal Bebas

Timun suri memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi pada saat bulan puasa, salah satunya bisa membantu mencegah radikal bebas.

Timun suri memiliki kandungan antioksidan. Senyawa antioksidan berfungsi untuk menangkat radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh.

Radikal bebas yang menyerang tubuh, bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit, karena tubuh kekurangan sistem kekebalan tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat timun suri yang selanjutnya, jika dikonsumsi saat bulan puasa, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Karena timun suri memiliki kandungan air yang banyak, yang bisa membantu melancarkan kinerja organ pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih lancar.

Timun suri juga memiliki kandungan serat. Makanan yang banyak mengandung serat, bisa membantu mencegah sembelit.

Membantu Proses Detoksifikasi

Saat bulan puasa, konsumsilah timun suri dengan rutin, untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Kandungan air dan serat di dalam timun suri, dipercaya bisa membantu proses detoksifikasi, atau membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Racun yang ada di dalam tubuh, dibuang melalui urin, dan juga melalui BAB.

Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Saat bulan puasa, tubuh akan kekurangan cairan. Sehingga bisa merusak kesehatan ginjal.

Timun suri memiliki kandungan mineral, vitamin dan juga serat, yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Karena timun memiliki kandungan air yang banyak, sehingga mampu menjadi obat diuretic, untuk membantu menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga Kesehatan Mata

Timun suri memiliki kandungan vitamin A. Jika timun suri dikonsumsi pada saat bulan puasa, timun suri akan membantu menjaga kesehatan mata Sahabat Fimela.

Timun suri memiliki kandungan asam askorbat, dan juga memiliki kandungan asam caffeic, membantu mengurangi pembengkakan pada area mata.

Biasanya mata bengkak sering terjadi pada saat kelelahan. Apalagi saat puasa akan kekurangan jam tidur karena sahur. Sehingga konsumsilah timun suri untuk menjaga kesehatan mata.

Membantu Menurunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah

Pada saat buka puasa, biasanya orang-orang memilih minum-minuman manis. Hal ini bisa membuat kolesterol dan kadar gula darah naik.

Timun suri memiliki kandungan potassium, serat, saponin dan magnesium.

Kandungan tersebut bisa membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kolesterol. Sehingga tekanan darah akan stabil.

Membantu Program Diet

Saat bulan puasa adalah saat terbaik, untuk melakukan program diet. Karena saat puasa bisa membantu melatih menahan nafsu makan.

Mengonsumsi timun suri, bisa membantu kelancaran program diet. Karena timun suri memiliki kandungan serat yang baik untuk diet.

Serat yang terkandung di dalam timun suri, bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga program dietmu akan lebih terkendali dan perut tidak mudah lapar.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, rutin mengonsumsi timun suri saat bulan puasa, bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Pada saat bulan puasa, kulit akan lebih kusam dan kering, karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Mengonsumsi timun suri bisa mencegah tubuh dehidrasi, karena timun suri memiliki kandungan air yang banyak. Sehingga kulit akan ikut terhidrasi jika tubuh mengonsumsi timun suri.

Kulit kusam dan kulit kering bisa membantu mempercepat proses penuaan dini. Rajin mengonsumsi timun suri, bisa membantu unutk mencegah penuaan dini yang disebabkan kulit kering dan radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Rambut

Ternyata mengonsumsi timun suri, juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Walaupun menggunakan hijab tapi tetap harus menjaga kesehatan rambut.

Timun suri memiliki kandungan silika. Kandungan silika ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut akan lebih tebal.

Menjaga Kesehatan Kuku

Manfaat mengonsumsi timun suri, pada saat bulan puasa yang terakhir, membantu menjaga kesehatan kuku.

Pada saat bulan puasa, tubuh yang kekurangan cairan, bisa membuat kuku menjadi pecah-pecah.

Timun suri yang mengandung silika ini, bisa membantu menyehatkan kuku, agar tidak pecah-pecah pada saat bulan puasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading