Sukses

Lifestyle

Mencoba Teknik Pomodoro untuk Mengatur Fokus saat WFH

Fimela.com, Jakarta WFH atau istilah untuk menyebut bekerja dari rumah saat ini pasti terasa membosankan bagi banyak orang, termasuk kamu yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Kebosanan ini kemudian menyebabkan orang-orang tidak fokus bekerja.

Dilansir dari byrdie.com, Selasa (12/5/2020), ada teknik yang bernama Pomodoro untuk membantumu fokus WFH. Teknik Pomodoro adalah metode peningkatan fokus dan mendorong produktivitas.

Teknik Pomodoro pertama kali diciptakan oleh Francesco Cirillo di akhir taun 1980-an. Teknik ini dinamakan berdasarkan timer berbentuk tomat yang digunakan Cirillo untuk melacak sesi studinya.

Pomodoro adalah bahasa Italia untuk menyebut tomat. Gagasan dari teknik Pomodoro cukup sederhana, bagilah tugas besar menjadi tugas- tugas yang kecil dan sederhana, sangat cocok dilakukan saat WFH.

 

Teknik Pomodoro untuk mengatur fokus saat bekerja

Cara ini akan membantu membuatmu melihat bahwa sebuah tugas besar mudah untuk diselesaikan. Contohnya, jika kamu memiliki 25 menit untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, gunakan 5 menit berikutnya untuk beristirahat, dan ulangi hingga 4 kali.

Waktu istirahatmu bisa ditambahkan hingga 15 menit dan sesuaikan berapa kali kam akan mengulangi cara ini. Teknik Pomodoro efektif untuk dilakukan karena kamu akan merasa hanya memiliki beberapa waktu saja untuk menyelesaikan pekerjaan, di mana berarti kamu harus meninggalkan semua gangguan, termasuk ponsel dan TV yang berpotensi membuatmu berhenti bekerja.

Gunakan timer yang ada di ponselmu untuk mengatur waktunya. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading