Sukses

Lifestyle

Herd Immunity, Cara yang Dikenal Mampu Sudahi Penyebaran Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Sudah hampir 6 bulan dunia harus berjuang melawan virus corona. Penyebarannya yang cepat membuat virus ini masuk ke dalam kategori pandemi. Bahkan bahayanya, vaksin untuk mengatasinya belum ditemukan.

Di Indonesia sendiri, virus corona sudah tersebar di seluruh penjuru wilayah. Rumah sakit darurat hingga penerapan social distancing sudah dilakukan. Bahkan kegiatan ekonomi terpuruk akibat virus corona yang terjadi.

Banyak siasat yang dirumuskan para ahli untuk mencegah penyebaran virus corona, bahkan akhir-akhir ini, Herd Immunity terdengr santer, dengan kemampuannya yang katanya mampu menyudahi pandemi virus corona.

Istilah Herd Immunity

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com dan Alodokter.com. Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah suatu kondsi di mana sebagian besar orang dalam suatu kelompok punya kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Hal ini tentu membuat penyakit akan sulit menyebar akibat tdak banyak orang yang bisa terinfeksi.

Bagaimana caranya?

Cara untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang bisa ditempuh dengan vaksin. Kali ini, contoh yang diambil berasal dari kasus polio. Di saat suatu kelompok dalam jumlah besar kebal terhadap polio akibat vaksin maka kesempatan virus polio untuk menyebar jadi penyakit menular, tentu sangat kecil.

Selain vaksin, kekebalan tubuh juga bisa didapatkan secara alami dari orang-orang yang berhasil sembuh dari infeksi tertentu. Biasanya, setelah pulih dari suatu penyakit, maka tubuh memiliki antibodi untuk melawan kuman penyebab infeksi. jika suatu hari kuman tersebut datang kembali.

Jadi, jika semakin banyak orang yang terinfeksi dan sembuh, maka akan semakin banyak orang yang kebal. Namun herd immunty akan terbentuk secara alami dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Ditambah lagi, risikonya yang tergolong besar.

Apakah efektif jika diterapkan di Indonesia?

Hingga kini, belum ada vaksin yang dapat mengatasi virus corona. Namun para peneliti masih mengupayakan pengembangan penemuan vksin tersebut. Jadi tentunya, bisa disimpulkan jika herd immunity bukanlah solusi bijak bagi penanganan virus corona di Indonesia.

#ChangeMaker

;
Loading