Sukses

Lifestyle

5 Cara Sehat untuk Memerangi Perasaan Tertekan di Pagi Hari

Fimela.com, Jakarta Apakah menemukan dirimu merasa semakin tertekan saat pagi hari? Bahkan mungkin sebelum semua ini dimulai. Tetapi sekarang lebih dari sebelumnya, penting untuk menjaga kesehatan mental. Bangun dengan perasaan tertekan adalah hal yang tidak menyenangkan. Nah, untuk mengurangi perasaan tertekan atau depresi saat hendak menjalani hari, ada baiknya lakukan beberapa hal berikut ini.

Bangun dari Tempat Tidur

Tindakan kecil ini penting. Ketika kita mengalami depresi, kecenderungan kita adalah tetap di tempat tidur. Ya, tidur terasa sangat baik ketika kita mengalami depresi, tetapi pikiran-pikiran beracun yang ada di belakang kepalamu terus membayangi.

Ketika merasa tertekan di pagi hari dan tidak dapat mengumpulkan energi untuk bangun dari tempat tidur, apakah dirimu menuju ke tempat-tempat gelap? Apakah dirimu mulai merenungkan segala sesuatu yang salah dengan hidupmu? Semakin lama dirimu tinggal di tempat tidur dan mendengarkan pikiran-pikiran yang merusak di kepalamu, semakin dirimu akan menjadi depresi. Jadi segera bangun dari tidurmu. Lakukan apa pun yang diperlukan sehingga dirimu tidak akan tenggelam dalam perasaan sedih lebih lama.

Mandi

Percaya atau tidak, mandi bisa menjadi alasan yang sangat baik untuk meringankan pikiran, jika dirimu merasa tertekan di pagi hari. Mandi adalah seseuatu yang dilakukan orang pada hari yang akan menjadi produktif seperti ketika mereka melibatkan teman atau pergi bekerja. Ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa hari ini bukan hari untuk tetap di rumah dan merasa tertekan.

Sarapan

Ketika mengalami depresi, hal terakhir yang ingin dilakukan adalah makan apa pun, saat sarapan. Tetapi makan ketika dirimu mengalami depresi adalah alat penting untuk mengingat depresi. Tubuh dan otak tidak berfungsi optimal saat tidak ada bahan energi. Ketika dirimu bangun di pagi hari dan tidak memiliki energi, dan bangun dengan keadaan yang lemas dan tidak berenergi.

Lakukan Sesuatu yang Membuatmu Bahagia

Setelah bangun, mandi, dan saran selanjutnya pilihlah stu kegiatan yang setidaknya membuatmu merasa bahagia. Cobalah untuk menonton acara TV, face timing dengan teman, jalan-jalan di sekitar rumah, melakukan satu hal saja yang membuatmu bahagia akan meningkatkan kadar dopamin yang akan mengurangi depresi bahkan untuk waktu yang singkat.

Hal terbaik yang dapat dirimu lakukan untuk diri sendiri, bahkan jika itu bukan salah satu favoritmu seperti olahraga. Olahraga apa pun dapat meningkatkan dopamin yang penting untuk kesehatan emosional. Jadi jika dirimu bisa keluar dan berjalan, berlari atau menari dirimu akan senang

Pecayalah Bahwa Ini Akan Berakhir

Ketika kita mengalami depresi, sangat mudah bagi kita untuk percaya bahawa situasi saat ini tidak akan pernah berlalu dan kita akan selalu mengalami depresi. Ketika dirimu di tengah depresi, masa depan selalu tampak suram.

Dari perspektif seseorang yang tidak depresi, duniamu akan menjadi lebih baik. Hal-hal yang membuatmu merasa sangat sedih hari ini tidak serta merta membuatmu merasa sedih. Jika dirimu bisa melewati hari ini, maka kemungkinannya besok atau lusa depresimu akan berlalu dan akan kembali bahagia.

Depresi adalah salah satu hal yang merugikanmu. Lakukan hal-hal yang dirimu sukai dan mengelola depresi sebelum semakin buruk.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading