Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Nafsu makan Mom berfluktuasi, terutama karena tubuh mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Jika kehilangan nafsu makan, Mom mungkin mengalami ketertarikan umum pada semua makanan atau kurang keinginan untuk makan. Perlu diingat bahwa kehilangan nafsu makan berbeda dari keengganan untuk beberapa makanan tertentu, yang cukup umum selama kehamilan. Beberapa faktor dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan selama kehamilan seperti di bawah ini.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah sering terjadi selama kehamilan, terutama selama trimester pertama. Meskipun beberapa perempuan yang mungkin mengalami gejala-gejala ini selama kehamilan mereka. Kasus mual dan muntah ringan hingga berat selama kehamilan dapat secara signifikan memengaruhi asupan makan dan nafsu makan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa fluktuasi hormon leptin dan human chorionic gonadotropin (hCG) selama kehamilan dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan lebih banyak mual dan muntah. Jika mengalami kehilangan nafsu makan karena mual dan muntah, cobalah untuk menghindari makanan berlemak atau pedas, banyak meminum cairan dan makanlah dengan porsi kecil lebih sering.

Kondisi Kesehatan Mental

Berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk kecemasandan depresi, dapat memengaruhi selera makan. Bahkan, perempuan hamil mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental karena berbagai perubahan fisik dan biokimia. Secara khusus, depresi dapat menyebabkan perubahan kebiasaan makan, termasuk berkurangnya nafsu makan dan berkurangnya asupan makanan padat gizi.

Gangguan kesehatan mental umumnya tidak terdiagnosis selama kehamilan. Jika Mom mengalami gejala depresi atau kecemasan penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan terpercaya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading