Sukses

Lifestyle

Rutin Minum Susu, Kunci Keluarga Susi Susanti dan Alan Budikusuma Jarang Sakit

Fimela.com, Jakarta Susu merupakan sumber protein hewani yang memiliki berbagai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D yang mampu memenuhi seperlima sampai sepertiga (20-30%) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor serta sepersepuluh sampai seperenam (10-15%) kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium dan magnesium.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Hardinsyah mengatakan susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang bisa mengonsumsinya. Tidak hanya baik dikonsumsi anak, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

“Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minumsusu setiap hari,” ujar Prof. Hardinsyah dalam acara Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara 2020 bersama Frisian Flag.

Kebiasaan baik minum susu juga terus digaungkan oleh pasangan legenda bulutangkis dunia, Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

Alan Budikusuma mengatakan, sejak kecil susu sudah menjadi minuman sehari-hari. Ketika menjadi atlet konsumsi susu pun tak pernah ketinggalan untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubunya.

"Dari kecil, saat di Pelatnas memang saya konsumsi susu. Apalagi saat jadi atlet latihan 6-8 jam sehari dalam seminggu, kalau udah minum susu jadi otot lebih kuat dan jarang sakit," ujar Alan.

Begitu pun dengan Susi Susanti, sejak kecil, susu dan telur adalah minuman dan makanan yang selalu tersedia di meja makan di rumah. "Orang tua saya memastikan kami mendapat asupan proteinyang cukup, karena sebagai atlet bulutangkis makan dan minum dengan gizi seimbang akan sangat mendukung performa kami di lapangan," papar Susi.

Menerapakan minum susu pada anak-anaknya

Susi dan Alan pun membiaskan ketiga anaknya minum susu sejak kecil. Susi mengatakan, setiap hari saat sarapan, susu menjadi menu wajib untuk seluruh anggota keluarga yang membantu tumbuh menjadi keluarga yang tetap sehat dan kuat.

Ia juga mengedukasi manfaat susu kepada ketiga anaknya. "Saya memberikan arahan kepada anak-anak manfaat susu. Dan memang sudah dibiasakan sejak kecil," papar Susi.

Bahkan, Susi mengatakan kini anak-anak minum susu seperti minum air putih biasa. "Sehabis makan pasti minumnya susu," ujarnya.

Mantan atlet bulu tangkis ini mengatakan, minimal minum satu sampai dua gelas susu dalam sehari agar tidak mudah sakit. Terbukti keluarganya, minum susu setiap hari tidak mudah terkena penyakit.

Selain minum susu, tentu Susi dan Alan pun melakukan olahraga seperti jalan sehat hingga jogging ringan.

#Changemaker

;
Loading