Sukses

Lifestyle

Posisi Duduk Terbaik untuk Mendukung Postur Tubuh selama WFH

Fimela.com, Jakarta Postur tubuh adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, terutama ketika kamu WFH. Posisi duduk selama WFH menentukan postur tubuhmu.

Tanpa perabotan kerja seperti di kantor, kamu mungkin mengalami banyak perubahan dalam gaya bekerja, seperti mengetik di atas kasur, benar? Kondisi yang tidak mendukung tersebut tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan, namun juga menyebabkan masalah pada kesehatan dan postur tubuh.

Inilah pentingnya menyempurnakan posisi duduk selama WFH. Dilansir dari goodhousekeeping.com, Jumat (12/6/2020), menjaga posisi duduk sebenarnya berkaitan dengan bagaimana kamu berdiri. Kepala dan punggung tidak boleh dimiringkan ke depan, yang pada akhirnya menyebabkan postur tubuh yang bungkuk.

 

 

Tips mengatur posisi duduk untuk postur tubuh yang baik

Ketika posisi dudukmu tidak benar, maka otot-otot di punggung akan bekerja lebih keras. Inilah mengapa penting untuk memusatkan kepala sejajar dengan panggul, berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Menjaga posisi kaki dan lutut pada sudut 90 derajat dari panggul

Jagalah kaki agar tetap rata di lantai, karena cara ini akan mendorong posisi yang proporsional yang benar dengan panggul.

2. Meluruskan bahu

Posisi kepala yang diluruskan dengan panggul harus didukung dengan membiasakan bahu yang tegak atau lurus untuk mendukung tulang belakang. Jika lelah, cukup sandarkan kepala dan punggung ke belakang.

3. Pertahankan posisi siku

Pertahankan posisi siku pada sudut 90 derajat di atas meja kerja. Walaupun terasa tidak nyaman, posisi siku sangat penting untuk menghindari nyeri di bagian lengan bawah.

4. Mengubah posisi tubuh setiap 20 menit

Perubahan posisi tubuh akan membuat otot bergerak dan mendorong lebih banyak aliran darah untuk bekerja melawan kelelahan dalam jangka panjang. Bangun, rentangkan kaki, tangan, dan ubahlah posisi duduk.

Jika di rumah kamu tidak memiliki meja dan kursi kerja seperti di kantor, carilah tempat yang bisa digunakan duduk untuk waktu lama. Usahakan jangan duduk bersila di tempat tidur, hindari duduk merosot di sofa, dan ingatlah untuk bergerak sesering mungkin.

Aturan praktis untuk menjaga postur tubuh selama WFH adalah berolahraga setiap 20 hingga 30 menit sehari. Olahraga ringan akan membantu otot-otot tubuhmu duduk dalam waktu yang lama.

#ChangeMaker

;
Loading