Sukses

Lifestyle

Sukses dengan 4 Strategi Sederhana untuk Menghadapi UTBK

Fimela.com, Jakarta Jelak pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK yang akan dilaksanakan pada 5-12 Juli 2020, tentu Sahabat Fimela yang kini duduk di kelas 12 merasa agak deg-degan. Namun, jangan terlalu khawatir. Karena jika kamu berusaha dengan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan diri dan mental menghadapi UTBK, pasti semuanya akan berjalan dengan lancar. 

Jadi, seperti yang Sahabat Fimela sudah ketahui, UTBK, SBMPTN, SNMPTN, dan Ujian Mandiri, adalah ujian seleksi yang ditujukan untuk menyaring siswa dan siswi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kompetisinya sangat ketat, lho, untuk mendapatkan kursi PTN yang terbatas. 

Sebagai gambaran saja, ada lebih dari 478 ribu peserta yang mendaftar SNMPTN tahun lalu. Dari jumlah itu, hanya 92 ribu atau sekitar 19,3% yang lolos dan diterima. Sisanya, harus rela tersingkir dan mencari jalur lain. Zenius Education memprediksi UTBK tahun 2020 ini memiliki pola tingkat penerimaan sekitar 20%. 

Untuk itu, Sahabat Fimela yang ingin lulus UTBK harus mempersiapkan diri dengan matang. Namun, jangan panik! Karena Zenius memiliki beberapa tips buat kamu agar bisa mengerjakan soal UTBK dengan maksimal. 

1. Kerjakan Soal UTBK Tahun Lalu

Bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai soal-soal UTBK 2020 kalau kamu tidak pernah melihat soal-soal tahun kemarin? Sebagai langkah awal untuk membiasakan diri mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan UTBK, kamu bisa mengerjakan soal-soal tahu lalu. 

Zenius sudah menyediakan kumpulan soal UTBK atau SBMPTN tahun-tahun lalu buat Tes Potensi Skolastik (TPS). Kamu juga harus tahu, kalau ada perubahan pada jadwal pelaksaan ujian dan materi yang akan diujikan tahun ini. Jika sebelumnya TPS dan TPA diujikan di masing-masing jurusan, kali ini hanya TPS saja, lho. 

 

2. Try Out UTBK

Jangan lupa juga untuk mengikuti berbagai try out online dan offline UTBK. Seperti Grand Try Out yang diadakan Zenius Education. Fungsinya untuk mengukur kemampuanmu. 

Saat mengerjakan try out, kamu bisa mensimulasikan situasi try out semirip mungkin dan meminimalisir gangguan. Hal ini bertujuan untuk membiasakan dirimu terhadap tekanan dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang singkat. 

3. Evaluasi Kelemahan

 

Setelah itu, kamu bisa melakukan evaluasi hasil dari try out. Bandingkan nilaumu dengan kompetisi dari rekan-rekan lainnya. Identifikasi juga dirimu sendiri, mana bagian soal yang dirasa belum bisa kamu pecahkan. 

4. Belajar Intensif Mandiri

Belajar secara mandiri dengan rutin dan keras juga sangat dibutuhkan agar lulus ujian. Strategi apa pun yang kamu pakai, tanpa belajar intensif tidak akan bisa berhasil. Zenius mengatakan ada 2 kesalahan umum yang sering kali dilakukan peserta UTBK. Pertama, langsung latihan soal campuran atau variasi tanpa memiliki pemahaman dasar tentang soal tersebut. Jadi, sebaiknya kamu mendalami setiap materi atau topik dasarnya sebelum mengerjakan variasi soal. 

Kedua, banyak peserta yang terlalu asyik belajar mendalami materi terori tapi kurang banyak latihan soal. Meski kamu paham betul mengenai teori, kamu tetap harus memperbanyak latihan soal agar lebih familiar dengan berbagai variasi soal yang akan kamu hadapi nanti. 

Selamat belajar! Semoga kamu lolos ujia UTBK 2020. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Berikut Akan Mengalami Hidup yang Berat Minggu Ini
Artikel Selanjutnya
Resep Cara Membuat Rujak Cingur