Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mengonsumsi Teh Hibiscus untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Teh bunga sepatu adalah teh herbal yang dibuat dengan cara merendam bagian tanaman bunga sepatu dalam air mendidih. Minuman ini memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati baik dingin ataupun panas. Ada beberapa ratusan spesies bunga sepatu yang bervariasi berdasarkan lokasi dan iklim tempat mereka tumbuh, tetapi Hibiscus sabdariffa paling umum digunakan untuk membuat teh bunga sepatu. Beberapa penelitian telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan minum teh bunga sepatu seperti berikut ini.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang membantu melawan senyawa yang disebut radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Teh bunga sepatu kaya akan antioksidan kuat dan karenanya dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

Membantu Menurukan Tekanan Darah

Salah satu manfaat teh bunga sepatu yang paling ampuh adalah dapat menurunkan tekanan darah. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan jantung melemah. Tekanan darah tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi teh bunga sepatu mungkin salah satu cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah, tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan hydrochlorothiazide, sejenis diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh bunga sepatu dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan dan mencegah seseorang mengalami obesitas. Ekstrak bunga sepatu dapat menurunkan berat badan dan menurunkan lemak tubuh.

Membantu Memerangi Bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme sel tunggal yang dapat menyebabkan berbagai infeksi, mulai dari bronkitis hingga pneumonia hingga saluran kemih. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa ekstrak bunga sepatu dapat menghambat aktivitas E. coli, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram, sering buang gas dan diare.

Teh bunga sepatu adalah jenis teh herbal yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Meskipun deminian, tetap konsumsi dalam jumlah yang tepat dan bila perlu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Keju Ini Dianggap Paling Sehat Karena Rendah Lemak dan Kalori
Artikel Selanjutnya
5 Tanda yang Tidak Disadari Bahwa Temanmu Mungkin Terlalu Menyebalkan