Sukses

Lifestyle

Cara-Cara Sederhana untuk Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik.

***

Oleh: Balqisa Selma

Sudah empat bulan ini dunia sedang berkabung, ya, pandemi covid-19 melanda seluruh belahan dunia. Hal itu membuat semua orang terpuruk tentunya, kehilangan hobi, kehilangan pekerjaan bahkan kehilangan keluarga. Tak terkecuali aku, yang turut meramaikan insiden ter-PHK. Stres? Tentu saja. Hari-hariku isi dengan scroll timeline akun lowongan kerja di media sosial dengan harapan akan segera mendapat pekerjaan baru. Tabungan mulai terkikis dan cicilan sudah menunggu, bisa dipastikan aku hampir depresi.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, aku berhasil menemukan kebahagiaan di tengah pandemi. Perlahan aku mulai menerima dan mensyukuri kehidupan yang ada, selama keluarga dan diri sendiri sehat, tak apalah. Waktu luang membuatku menjadi lebih dekat dengan diriku sendiri, aku lebih mengenali diriku dan mulai menemukan passion-ku. Sebelumnya aku adalah karyawan swasta yang sehari-hari menghabiskan waktu untuk mengabdi kepada perusahaan.

Keterbatasan mengajariku berbagai macam hal, termasuk dalam hal kepuasan perut. Aku mulai menyukai kegiatanku akhir-akhir ini, aku memasak untuk memenuhi kebutuhan perutku. Sebenarnya aku bukanlah tipe orang yang peduli terhadap asupan gizi dan nutrisi. Namun kini aku menjadi sosok yang sangat perhatian dengan kesehatanku, bermodalkan internet dan kemampuan seadanya, aku berhasil menyajikan menu-menu kesukaanku dengan versi yang lebih sehat. Tantangannya pun beragam, mulai dari bahan seadanya hingga terpaksa harus memasang gas elpiji seorang diri.

 

Lebih Disiplin

Tak hanya memasak, aku menjadi pribadi yang jauh lebih disiplin lagi. Ya, aku belum berkeluarga, jadi jangan kaget jika aku terkesan sangat cuek. Selama empat bulan ini aku selalu bangun pagi dan menyempatkan diri untuk meditasi meski hanya 15 menit, aku pun mulai belajar yoga untuk kesehatan tubuhku. Jujur saja, rutinitas ini sangat menyenangkan, aku selalu mengawali hari dengan penuh semangat. Memiliki tubuh yang sehat tentu membuat wajah senantiasa berseri-seri.

Alih-alih shopping atau pergi ke salon, aku berhasil memanjakan diriku dengan segala proyek DIY (do it yourself). Perlahan stres mulai berkurang meski segala hal kulakukan dengan penuh keterbatasan. Justru hal itu menuntutku untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif dan tangguh. Kini aku menyadari kebahagiaan tak melulu soal materi, mencintai diri sendiri pun merupakan kebahagiaan yang tak terbayarkan. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading