Sukses

Lifestyle

Lebih Bijak Atur Keuangan, Lebih Nyaman Jalani Keseharian

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik.

***

Oleh: Nurul Armylia

Biasa bekerja di kantor, kemudian harus tinggal di rumah saja dan Work from Home pada awalnya membuatku merasa hilang arah. Bingung membagi waktu antara bekerja, juga mengurus anak. Belum lagi kejenuhan dan rasa bosan yang kian hari kian melanda. Hingga aku seringkali gagal fokus dan berusaha membunuh waktu agar cepat berlalu dengan berbagai cara.

Mulai dari menonton film-film dengan genre horor favoritku, membaca timbunan koleksi novel fiksi roman yang kumiliki, hingga belanja online gila-gilaan dengan pembenaran bahwa aku sah saja melakukannya agar aku tidak stres karena tidak bisa kemana-mana. Hal tersebut berlangsung setiap hari selama beberapa minggu. Hingga di suatu hari  karena iseng aku mengikuti sebuah webinar gratis bertema keuangan. 

Sebagai manajer keuangan dalam keluarga, tema-tema seperti "Bagaimana Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi" sangat menarik bagiku. Kemudian seperti didukung semesta, ada saja webinar-webinar lain yang dapat ku ikuti, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Perubahan yang Lebih Baik

Semakin hari, aku dapat merasakan perubahan dalam diriku. Seiring dengan berubahnya caraku membunuh waktu dengan sesuatu yang kurasa lebih bermanfaat. Semakin terbukanya pikiranku untuk lebih melek keuangan, perlahan mengubah gaya hidupku. Aku mulai membuat budget plan, berusaha untuk mencatat pengeluaranku secara rutin, belajar investasi dengan trading saham, juga mengerem belanja online-ku untuk sesuatu yang memang dibutuhkan, bukan hanya sekadar lapar mata.

Selalu ada hikmah di balik hal-hal yang terjadi dalam hidup, walau terkadang jawaban tidak datang dalam satu waktu ketika pertanyaannya muncul. Lalu siapa yang bilang memulai itu sulit? Menurutku, meneruskannya dengan rutin setelah memulai adalah hal yang lebih sulit lagi. Semoga hal baik ini dapat dengan tekun kuteruskan menjadi kebiasaan. Bismillah.

#ChangeMaker

;
Loading