Sukses

Lifestyle

4 Cara Membersihkan Cetakan Kue

Fimela.com, Jakarta Setelah membuat kue, tentu semua peralatan yang digunakan harus dicuci bersih agar bisa segera dipakai lagi ketika dibutuhkan. Tapi banyak orang mungkin ingin tahu bagaimana sebaiknya membersihkan cetakan kue, apakah ada perlakuan khusus yang harus dilakukan? Tidak juga, ini cara membersihkan cetakan kue yang bisa dilakukan.

1. Merendam air panas

Segera setelah mengeluarkan semua kue dan roti, rendam cetakan dengan air. Jika adonan susah dibersihkan hanya dengan air dingin, rendam cetakan dengan air hangat atau panas selama 30 menit. Tapi pastikan dulu bahannya tidak mudah leleh atau berubah jika terkena air panas. Setelah merendam, sisa adonan atau kue yang menempel bisa langsung dibersihkan menggunakan sabun cuci biasa.

2. Gosok dengan baking soda

Jika tidak bisa menggunakan air panas, gunakan baking soda sebagai bahan mencuci. Misalnya pada loyang atau cetakan plastik, taburi baking soda secukupnya, oles merata dan gosok menggunakan kain basah agar adonan bisa dengan mudah dibersihkan. Bilas bersih dan keringkan setelahnya.

3. Gosok dengan besi cuci piring

Jika ada besi cuci piring, bisa juga digunakan. Untuk loyang-loyang atau cetakan kue yang susah dibersihkan, menggosok dengan besi cuci piring akan sangat membantu membersihkannya. Pastikan jika goresan yang kemungkinan timbul tidak akan mengganggu ketika cetakan digunakan lagi.

4. Olesi minyak

Setelah mencuci cetakan kue hingga bersih, pastikan mengolesi dengan minyak untuk menjaga cetakan atau loyang tidak karatan dan simpan dalam plastik agar tidak terkena debu.

Itu dia sekian cara yang bisa digunakan untuk membersihkan cetakan kue di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading