Sukses

Lifestyle

6 Alasan Utama Menstruasi Datang Lebih Cepat dari Seharusnya

Fimela.com, Jakarta Perubahan kondisi tubuh memang sangat mmengaruhi kapan menstruasi akan datang. Umumnya menstruasi akan datang setiap bulan dalam siklus yang bisa ditebak.

Namun bagaimana jika ternyata menstruasi ternyata datang lebih awal? Apa yang menyebabkan menstruasi lebih cepat dan apakah perlu kahwatir dengan hal itu? Ini yang perlu diketahui setiap perempuan.

1. Sedang diet

Jika kamu mengganti pola makan, mencoba menurunkan berat badan, apalagi jika terlalu ekstrem, maka akan sangat memengaruhi siklus menstruasi. Frekuensi dan seberapa rutin menstruasi akan berubah karena hormon estrogen, progesteron dan testosteron dalam tubuhmu sangat terpengaruh terhadap apa yang kamu makan.

2. Minum obat

Mungkin kamu sedang minum obat antidepresi, tekanan darah atau bahkan antibiotik, sangat bisa memengaruhi siklus menstruasi. Apalagi jika minum pil KB, siklus menstruasi akan dengan mudah berubah, bisa lebih cepat atau justru terlambat.

3. Stres

Kebanyakan beban pikiran akan membuat hormon di dalam tubuhmu mengalami fluktuasi. Jadi jika kehidupan sedang mengujimu dengan sangat berat, jangan heran jika menstruasi datang lebih cepat.

4. Olahraga terlalu keras

Perubahan aktivitas fisik terutama olaharaga akan memberikan pengaruh pada metabolisme tubuh termasuk siklus bulanan. Olahraga sewajarnya akan menyehatkan untuk tubuh tapi jika dilakukan berlebihan dan intens, bisa mengganggu siklus menstruasi. Akibatnya menstruasi datang lebih cepat.

5. Berat badan naik turun

Menstruasi yang telat, tidak rutin atau bahkan datang lebih cepat sangat bisa disebabkan oleh berat badan. Jika tubuh obesitas, menstruasi akan sering tidak teratur, begitu pula jika tubuh terlalu kurus atau mengidap gangguan makan.

6. Penyakit seksual menular

Menstruasi juga bisa datang lebih cepat jika tubuh terinfeksi penyakit seksual menular. Hati-hati dengan pasangan bercinta dan menjaga kebersihan organ intim agar tidak mengalaminya.

Itu dia sekian penyebab umum mengapa menstruasi bisa datang lebih cepat dari seharusnya. Cek alasannya jika mengalaminya ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading