Sukses

Lifestyle

6 Tips agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

Fimela.com, Jakarta Ketika Idul Adha banyak orang mungkin akan mencari cara membuat sate kambing yang enak dan tidak prengus. Sate kambing memang menjadi favorit banyak orang ketika harus mengolah daging kambing di rumah.

Ada banyak cara membuat daging kambing empuk tapi belum tentu bau prengusnya tidak menguar. Begini caranya agar sate kambing tidak bau prengus namun dagingnya tetap enak dan empuk.

1. Potong daging jangan terlalu tebal

Ketika memotong daging kambing untuk sate, potongan jangan terlalu tebal. Akan lebih baik jika tipis agar cepat matang dan empuk. Karena daging kambing sendiri sudah banyak urat, umumnya rentan keras saat matang. Jika potongannya tebal, keras atau alotnya semakin terasa.

2. Jangan dicuci

Jangan pernah mencuci daging kambing jika tak ingin prengus. Cukup buang kotoran dan darahnya yang menempel. Meski mungkin tampak tidak higienis tapi tenang saja, ketika dibakar segala kotoran akan hilang dan daging yang matang tetap aman dimakan.

3. Bungkus dengan daun pepaya

Agar dagingnya empuk, ambil 2 lembar daun pepaya, remas-remas dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan daun tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jangan menggunakan nanas karena akan membuat daging hancur saat dibakar.

4. Banyak bumbu

Pastikan memberikan bumbu yang banyak agar bisa menutupi prengus. Gunakan bawang putih, daun jeruk, dan ketumbar untuk memberi aroma sedap. Perasan jeruk nipis juga bisa memberi cita rasa segar. Sate kambing juga tak akan sedap tanpa kecap manis, jadi tambahkan kecap manis agar gurih.

5. Bakar dengan api sedang

Jangan membakar daging kambing dengan api besar karena mudah membuatnya alot dan bahkan gosong namun bagian dalamnya tidak matang. Bakar dengan api sedang dan sebisa mungkin panasnya bukan dari api namun dari bara arang.

6. Nikmati selagi hangat

Sate kambing paling enak dan empuk dimakan saat masih hangat. Jika sudah dingin daging kambing cenderung alot dan berlemak. Jadi akan lebih baik sate kambing langsung disantap setelah dibakar. 

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan agar sate kambing tidak prengus dan dagingnya tetap empuk.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading