Sukses

Lifestyle

Ulasan Buku Sunny Everywhere Karya Sunny Dahye

Fimela.com, Jakarta Sunny Dahye dikenal sebagai seorang Youtuber dan influencer. Di balik keceriaan atau mungkin kemewahan yang ia tampilkan di video-videonya, ada kepingan-kepingan kisah hidup yang tak secerah orang lain kira. Ada masa-masa sulit  yang ia lewati baik saat masih kecil hingga ketika harus mengambil pilihan-pilihan ketika beranjak dewasa.

"Untuk mencapai semua yang kumiliki sekarang, aku kehilangan banyak hal. Kehilangan teman, orang-orang yang kusayangi, dan hal-hal lainnya yang aku korbankan untuk sampai pada titik ini," tulisnya dalam salah satu bagian buku Sunny Everywhere. Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi cantik ini berisi kisah hidup dan cerita-cerita yang sebelumnya ia pendam seorang diri. Sebelum bisa menjadi sosok yang dikenal banyak orang seperti sekarang, ada pengorbanan dan kerja keras yang ia lakukan.

Cuplikan kisah bagaimana ia bisa sampai dan tinggal di Indonesia juga diceritakan dalam buku ini. Persoalan keluarga dan pergulatan batin pun ia paparkan layaknya sedang curhat ke sahabat. Perjalanannya membangun karier hingga bagaimana ia bersikap menghadapi hal-hal yang tak menyenangkan dalam hidup juga ia ceritakan. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang berselang-seling, mungkin bagi sebagian orang akan terasa cukup membingungkan saat membacanya. Namun, hadirnya ilustrasi cantik dan tata letak yang penuh warna menarik memberi pengalaman membaca yang berkesan. 

Sunny Everywhere

Judul: Sunny Everywhere

Penulis: Sunny Dahye

Editor: Ruth Priscilia Angelina

Penyelia naskah: Anastasia Aemilia

Ilustrasi sampul dan isi: Liffi Wongso

Penata letak: Bayu Deden Priana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Growing up for me wasn’t so “Chanel” …

Kehidupan Sunny Dahye diisi dengan baju dan kosmetik mahal, sarapan mewah, terbang ke negeri-negeri jauh yang cantik, menginap di hotel berbintang lima...

Hidup Sunny indah di layar ponselmu.

Tapi, sama seperti hidup kebanyakan orang, hari-hari Sunny juga diisi kegagalan, kekecewaan, keraguan, dan penyesalan.

Di saat impiannya satu per satu terwujud, Sunny justru tersesat. Sunny tak tahu harus melangkah ke mana. Pada catatan-catatannya di buku ini, Sunny membuka sedikit hatinya, dan luka-luka yang harus dia telan pahitnya. Lewat tulisannya, Sunny mengajakmu mengenal sedikit siapa dirinya sebelum menjadi Sunny Dahye yang kamu kenal hari ini.

Dear Sunshine, let Sunny walk you through her life…

***

Tidak semua hari-hari Sunny cerah. Ada hari-hari yang kelam dan menyedihkan yang harus ia lewati. Tidak semua pengalaman dan kisahnya indah. Akan selalu ada hari-hari buruk dan yang berjalan tak sesuai harapan yang harus dihadapi. 

"Banggalah pada siapa dirimu. Orang-orang yang melabelimu dengan ini-itu mungkin sedih karena mereka tidak bisa melakukan apa yang kamu kerjakan. Mereka cepat puas dengan apa yang sudah mereka miliki, sementara orang sukses selalu berusaha mendapatkan yang lebih baik lagi." (hlm. 117)

Karena ditulis berdasarkan pengalaman dan kisah hidup pribadi, narasi dalam buku ini memang berpusat pada sosok Sunny. Caranya menghadapi dan mengatasi masalah dengan ayahnya, masalah kuliahnya, dan perjalanannya sampai bisa menjadi sosok yang dikenal banyak orang seperti sekarang memberi gambaran sosok Sunny yang lebih utuh dan apa adanya. 

Sunny Everywhere, buku ini kembali mengingatkan bahwa di balik sebuah keberhasilan ada perjalanan panjang dan usaha yang harus dikerahkan melampaui batas diri. Sekaligus mengingatkan bahwa menyayangi diri sendiri adalah hal penting yang perlu mendapat prioritas utama juga dalam hidup.

#ChangeMaker

;
Loading