Sukses

Lifestyle

Prioritas Masyarakat Berubah, Mengulik Cerita Tangguhnya Pengusaha Muda Bertahan di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Pandemi berdampak pada segala aspek kehidupan, salah satu yang paling besar adalah perekonomian negara. Namun, tidak sedikit yang melihat pandemi sebagai tantangan untuk menciptakan lapangan kerja dan menghidupkan kembali ekonomi negara, seperti para pengusaha muda.

Menariknya, di tengah pandemi seperti saat ini, semangat pengusaha muda di Indonesia justru tumbuh subur. Ada keinginan besar dari kaum muda Indonesia untuk mempunya usaha sendiri dan berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Para pengusaha muda terbukti dapat bangkit lebih cepat dengan dukungan kuat yang memang ditargetkan untuk membantu mereka tumbuh di saat krisis seperti pandemi ini. Inilah mengapa anak muda di Indonesia merupakan kunci untuk mendorong negara keluar dari krisis.

 

Cerita tentang tangguhnya para pengusaha muda di tengah pandemi

Sejumlah kreativitas dihadirkan oleh para generasi muda di tengah cara hidup yang berubah drastis. Menurut survei tentang Dampak COVID-19 pada Wirausahawan Muda di Indonesia, 79% pengusaha muda melaporkan bahwa COVID-19 berdampak negatif pada bisnis mereka dan 21%nya melaporkan bahwa bisnis mereka telah berhenti beroperasi sepenuhnya.

Ada 58% pengusaha muda yang melaporkan penurunan omset keuangan hingga 81%, sedangkan 36%nya melaporkan penurunan omset keuangan hingga 40%. Namun, ada 6% pengusaha muda yang menyatakan bahwa mereka mengalami peningkatan atau tidak merasakan dampak sama sekali pada perputaran keuangan mereka.

Sebagai respon terhadap pandemi, ada 84% pengusaha muda yang mulai mengembangkan sistem pendukung melalui berbagai jaringan kewirausahawan muda. Survei ini digagas oleh UNDP Indonesia melalui program Youth Co: Lab dan difasilitasi oleh UNICEF. Bagaimana menurut Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengalami Perpisahan, Ini 4 Cara untuk Berhenti Merindukan Mantan Kekasih