Sukses

Lifestyle

Berapa Banyak Tabungan yang Harus Dimiliki di Usia 30-an?

Fimela.com, Jakarta Usia 20-an adalah waktu yang ideal untuk mulai memikirkan masa depan finansial, seperti tabungan uang yang harus dimiliki. Namun, tentu kamu akan menemukan berbagai saran yang berbeda.

Ada yang menyarankan untuk memiliki tabungan uang sebesar gaji setahun penuh atau setengah dari gaji setahun penuh di usia 30-an. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menentukan berapa banyak tabungan uang yang bisa kamu miliki di usia 30-an, seperti dilansir dari purewow.com.

1. Siapkan biaya tetap 3 sampai 6 bulan

Kamu harus selalu memiliki setidaknya 3 bulan pendapatan di rekening tabungan untuk keadaan darurat. Tabungan uang ini bisa digunakan jika tiba-tiba kamu kehilangan pendapatan tetap.

2. Menyimpan 15% penghasilan untuk pensiun

Strategi investasi yang bijaksana adalah bagian penting untuk mencapai kekayaan jangka panjang. Menurut The Washington Post, 15% dari pendapatan harus disimpan sebagai tabungan uang pensiun.

3. Gandakan tujuan tabungan

Fokus dulu untuk melihat apa yang ingin kamu hemat dan liat apa yang tersisa dari pengeluaranmu. Kamu bisa menyesuaikan tabungan uang dengan rencana strategis yang kamu miliki. Hitung jumlah yang kamu perlukan dan buat rencana berapa banyak yang harus disisihkan dari gaji setiap bulan untuk mencapainya. Sudahkah kamu memiliki tabungan uang untuk masa depan?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading