Sukses

Lifestyle

5 Cara Memanfaatkan Dana BLT untuk Gaji di Bawah Rp5 Juta di Tengah Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang terdampak virus Corona dan memiliki gaji di bawah Rp5 juta, kini akan ada angin segar berupa bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah, buat karayawan swasta. Bantuan ini merupakan bagian dari stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional dalam menanggulangi dampak COVID-19. 

Jumlah insentif atau BLT karyawan swasta ini sebesar Rp600 ribu per bulan dan akan diberikan selama 4 bulan dengan pencairan yang dilakukan setiap dua bulan sekali, dimulai pada akhir Agustus nanti. Sehingga, total tambahan penghasilan bagi para pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta adalah Rp2,4 juta. 

Meski BLT adalah bantuan pemerintah di tengah pandemi virus corona, namun sebaiknya kamu tetap berhati-hati saat menggunakannya. Jangan sampai kamu justru menghabiskannya dan keuanganmu pun menjadi tidak sehat. Berikut 5 cara memanfaatkan BLT dengan baik dari Lifepal.co.id. 

1. Bukan untuk Gaya Hidup

Jika kamu termasuk karyawan yang mendapatkan bantuan tersebut, jangan gunakan BLT ini untuk menyokong gaya hidupmu. Karena, kondisi di era pandemi virus corona ini kerap memaksa kita untuk menjaga kesehatan keuangan karena COVID-19 menciptakan ketidakpastian ekonomi di Indonesia. Jadi, siapa pun berpotensi mengalami pengurangan penghasilan di masa ini. 

2. Dana Darurat

Meski bisa kamu gunakan untuk ditabung, lebih baik kamu alokasikan ke dalam dana darurat. Di masa pandemi ini, memiliki cadangan uang lebih banyak tentu akan membuatmu merasa lebih baik. 

Jika minimal sudah ada dana senilai 6 kali pengeluaran pokok bulanan di dalam pos dana darurat, segera simpan dana tersebut dan jangan gunakan untuk keperluan lain selain yang bersifat darurat. 

3. Lunasi Utang

Kamu juga bisa memanfaatkan dana tersebut untuk melunasi utangmu. Baik utang kepada teman, pinjaman bank, dan juga kartu kredit. 

Apabila pokok utang terlihat masih cukup besar dan bisa mengakibatkan denda yang melebihi 35% pemasukan kita, maka jangan paksakan untuk mempercepat pelunasan. Namun, jika biaya penalti tidak terlalu besar, lunasi saja secepatnya. 

4. Iuran BPJS

Bagi kamu yang memiliki tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan, dana ini juga bisa kamu manfaatkan untuk melunasinya. Pasalnya, asuransi kesehatan sangat penting untuk menunjangmu dan keluarga, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. 

5. Investasi

Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi. Seperti depisito, emas, properti, reksadana, hingga saham. Dana BLT yang hanya sebesar Rp2,4 juta ini memang terlalu sedikit untuk berinvestasi properti. Namun, kamu masih bisa membeli emas atau juga satu lot saham tertentu. 

simak video berikut

;
Loading