Sukses

Lifestyle

Psikolog Sarankan Cukup Ketemu Sekali Seminggu pada Awal Hubungan

Fimela.com, Jakarta Biasanya nih yang baru jadian akan gampang kangen. Rasanya ingin setiap hari bertemu. Saat berada di awal hubungan memang seringkali mudah rindu dan selalu ingin bertemu.

Ada satu saran yang menarik terkait membangun hubungan yang langgeng. Seth Meyers, Psy.D., seorang psikolog klinis di Los Angeles dalam sebuah unggahan di Psychology Today punya sebuah "aturan" untuk mengurangi risiko putus cinta dan bisa membangun hubungan yang langgeng. Apa "aturan" yang dimaksud?

Bertemu Sekali Seminggu

Meyers menyebutnya "the once-a-week rule" atau aturan seminggu sekali. Pada bulan pertama jadian atau menjalin hubungan dengan seseorang, cukup bertemu sekali seminggu saja. Wah, sanggup nggak nih hanya bertemu satu kali seminggu di awal hubungan?

"Aku menciptakan aturan ini setelah melihat banyak hubungan baru yang gagal karena pasangan terlalu sering bertemu dan kemudian mengalami semacam ketakutan mental. Mereka merasa cemas dan tertekan," papar Meyers seperti yang dikutip dari laman Health.com. "Ini memang berlawanan tapi jika kamu ingin melihat pasanganmu lebih banyak di masa depan, maka lihatlah lebih sedikit sekarang."

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ketika ktia terlalu sering bertemu dengan seseorang yang baru, ada kemungkinan akan terbentuk keintiman dan kedekatan yang palsu. Dengan membatasi intensitas bertemu, kita akan saling melindungi diri dari terlalu bergantung pada sebuah hubungan yang mungkin tak sepadan.

Hubungan Minim Stres

Saat kita menjalani bulan pertama dengan perlahan, kita memberi diri kita sendiri ruang untuk mengenal seseorang lebih dalam. Chami Ajjan, pekerja sosial klinis dan ahli terapi di Brooklyn menguangkapkan bahwa dengan lebih sedikit bertemu, maka akan lebih mudah menilai kualitas hubungan dengan pikiran. Saat bisa menjalin hubungan dengan perlawan di awal, maka bisa lebih mudah mengenali pasangan kita. Tidak terlalu buru-buru memberi ruang yang lebih lapang untuk bisa membangun hubungan yang lebih langgeng ke depannya.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba cukup bertemu sekali seminggu dalam awal hubungan? Pada dasarnya aturan bertemu sekali seminggu ini membantu untuk membangun hubungan yang minim stres. Kalau memang jodoh maka tidak akan ke mana. "Jika dua orang ditakdir bersama, mereka akan bersama," kata Meyers.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Berani Berubah: Pandemi jadi Peluang Sukses Pramugari Jual Rendang Saat Setop Terbang
Artikel Selanjutnya
Mengira Mimpi tapi Ternyata Betulan, Heboh Perempuan Ini Telan Cincin Tunangan