Sukses

Lifestyle

BLT Tahap 3 Cair, Masih Banyak Pekerja yang Belum Dapat Subsidi Gaji

Fimela.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menuturkan bahwa pencairan subsidi gaji atau BLT tahap tiga bagi karyawan sebesar Rp600ribu sudah dimulai pekan ini. Pencairan subsidi gaji ini dilakukan setelah Kementerian Ketenagakerjaan selesai melakukan verifikasi data rekening penerima subsidi gaji yang sebelumnya diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Pada Selasa (8/9/2020) BPJS Ketenagakerjaan telah menyeahkan 3,5 juta data rekening calon penerima subsidi gaji atau BLT tahap tiga kepada Kemenaker. Kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar empat hari untuk melakukan pengecekan ulang sebelum subsidi gaji tersebut ditransfer ke rekening masing-masing penerima BLT.

Jadwal pencairan BLT tahap tiga sendiri dimulai pada Jumat (11/9/2020). Dengan mekanisme penyaluran BLT yang masih sama, subsidi gaji ini akan dilakukan bertahap.

Kantor Pelayanan Perbendarahaan Negara akan memberikan dana BLT Rp600 ribu kepada Himpunana Bank Milik Negara (Himbara). Dari Himbara baru akan ditransfer ke penerima subsidi gaji ke rekening pribadi pekerja. Baik itu bank negara maupun swasta.

 

Masih ada pekerja yang belum ditransfer

Menaker Ida Fauziah pun mengakui ada kemungkinan pekerja yang belum mendapat subsidi gaji pada tahap 1, 2, dan 3. Dikarenakan proses penyalurannya pun bertahap, para pekerja diminta untuk bersabar. Kemenaker perlu hati-hati untuk menyalurkan BLT ini kepada para pekerja agar lebih tepat sasaran.

"Karena proses secara bertahap tentu ada teman-teman yang sampai sekarang gelombang 1,2, dan 3 belum terbawa, mungkin gelombang berikutnya. Saya mohon sabar karena ini prinsipnya kehati-hatian sehingga saya mohon bersabar," kata Ida.

Bagi kamu yang belum menerima subsidi gaji, pastikan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan aktif hingga Juni 2020. Untuk memastikannya, kamu bisa cek dengan cara berikut ini

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

2. Masukkan alamat email di kolom user.

3. Masukkan kata sandi.

4. Setelah masuk, pilih menu layanan.

5. Pada menu layanan, pilih cek saldo JHT.

6. Masukkan PIN yang telah dikirim melalui SMS.

7. Saldo kamu akan ditampilkan

Kamu bisa memeriksanya melalui SMS dengan cara mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757.Untuk tanggal lahir gunakan format dd-mm-yy.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ikan Bandeng Bakar Teflon Garing dan Gurih
Artikel Selanjutnya
Jurnalisnya jadi Sasaran Teror Doxing, Liputan6.com akan Tempuh Jalur Hukum