Sukses

Lifestyle

Bukti Studi, Jatuh Cinta Membuatmu Lebih Tenang dan Tidak Gampang Marah

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta memang memberikan efek menakjubkan pada diri semua orang. Cinta selalu membuat seseorang seakan bukan dirinya sendiri, termasuk dalam mengendalikan emosi. Jatuh cinta memiliki manfaat yang tak terduga dalam mengelola emosi seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality menemukan bahwa ketika orang jatuh cinta, mereka menjadi lebih terkendali secara emosi. Orang yang jatuh cinta tidak mudah marah, kesal atau tersinggung, sebaliknya ia bisa bersikap lebih santai dan tenang.

Penelitian yang dilakukan di Friedrich Schiller University Jena ini juga menemukan ketika seseorang dalam keadaan stres dan rentan depresi, kemudian ia menjalani hubungan cinta yang stabil, maka kondisi mentalnya juga menjadi lebih stabil.

Jatuh cinta membuat emosi lebih stabil

Peneliti yang melibatkan 245 pasangan dengan rentang usia 18-30 tahun selama 9 bulan untuk mengetahui efek jatuh cinta pada kehidupan sehari-hari mereka ini menjelaskan bahwa ketika menjalani hubungan cinta, seseorang jadi memiliki sosok yang mendukung dan menemaninya, dan itu membuat mereka merasa tenang.

Penulis penelitian Dr. Christine Finn, mengatakan bahwa hal ini sangat menakjubkan karena orang neurotik (mudah tersulut emosi) rentan cemas, merasa insecure, dan mudah jengkel bahkan cenderung tidak puas dengan kehidupan mereka. Namun ketika jatuh cinta kami mendapati emosi mereka menjadi lebih stabil dan kepribadian mereka juga lebih baik.

Orang yang jatuh cinta akan jarang berpikiran negatif dan lebih optimis. Itulah mengapa cinta memberikan banyak perubahan baik pada diri seseorang. Hem, kamu termasuk yang mendapat manfaat baiknya juga tidak, Sahabat Fimela?

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading