Sukses

Lifestyle

Aplikasi Kesehatan Mampu Meningkatkan Komunikasi Dokter dan Pasien di Masa Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat kurang dari sepuluh dokter di antara 10.000 orang di Indonesia. Selain itu, pada 2035, setidaknya 44,9 persen penduduk akan berusia di atas 60 tahun.

Di negara dengan kemacetan tinggi dan infrastruktur yang kurang, berarti semakin banyak orang yang memerlukan metode alternatif untuk berkomunikasi dengan dokter mereka. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 mengharuskan masyrakat untuk tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai virus corona. 

Dan saat ini, terdapat 171 juta orang Indonesia memiliki akses internet. Hal ini menghadirkan peluang menggunakan teknologi untuk mengatasi tantangan perawatan dan komunikasi tersebut. Banyak orang Indonesia yang mengalami gangguan mobilitas akibat penyakit kronis.

“Dampak COVID-19 pada penggunaan teknologi digital sangat besar dan dokter menyadari bahwa mereka harus beradaptasi dengan perubahan disekitarnya. Melalui platform teknologi kesehatan seperti aido health, penyedia layanan kesehatan yang terbaik di negara kita, layanan kesehatan dapat terhubung langsung dengan pasien. Hal ini dapat menghasilkan layanan klinis yang lebih baik dan lebih mudah,” ujar Advisor aido health Dr. Roy Panusuan.

Meningkatkan komunikasi dokter dan pasien

Platform teknologi kesehatan, aido health bekerja sama dengan pakar komunikasi medis, Meetmed, menggelar webinar yang berfokus pada tata cara dokter dan pasien berinteraksi satu sama lain di tengah COVID-19.

VP Operations and Partnership aido health Jyoti Nagrani mengatakan webinar ini bertujuan untuk membantu dokter khususnya dari mitra mitra aido health untuk meningkatkan komunikasi yang lebih baik dalam industri kesehatan yang berubah dengan cepat.

Melalui beberapa modul yang dibawakan oleh para ahli medis terkemuka, para dokter dapat dibekali dengan keterampilan yang diperlukan dalam berkomunikasi dan melayani pasien dengan lebih baik.

Hambatan seperti infrastruktur yang buruk, kurangnya transportasi, dan jarak perjalanan dari tempat tinggal menghalangi banyak orang Indonesia untuk mendapatkan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan dukungan para dokter spesialis.

Teknologi kesehatan memungkinkan peningkatan yang cepat dalam komunikasi, diagnosis, dan pengobatan pasien-dokter.

"Dengan teknologi yang kami miliki, aido health dapat menutup kesenjangan dan membuat layanan kesehatan lebih mudah dijangkau, khususnya pada masa COVID-19," ujar Jyoti Nagrani.

Topik utama yang akan dibahas oleh para pembicara meliputi sistem peningkatan perawatan kesehatan, komunikasi telemedisin yang efisien, hubungan antara teknologi dan layanan yang berpusat pada pasien, dan penggunaan kecerdasan emosional untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

"Webinar yang dibawakan oleh beberapa dokter terkemuka Indonesia lainnya yang akan berlangsung pada September dan Oktober 2020," tutup Jyoti.

 

#changemaker

;
Loading