Sukses

Lifestyle

Resep Cara Membuat Cantik Manis Mutiara

Fimela.com, Jakarta Sedang di rumah saja dan ingin membuat camilan manis yang mudah diolah dan lembut di mulut? Ada banyak kue basah yang ternyata cara membuatnya sangat mudah dengan bahan sederhana, yaitu cantik manis mutiara. Mungkin di beberapa daerah namanya bisa berbeda-beda. Ini dia resepnya.

Bahan:

  • 1 bungkus sagu mutiara (100 gr)
  • 1 bungkus tepung hungkwe (100 gr)
  • 300 ml santan kental (bisa menggunakan santan instan)
  • 100 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • air secukupnya plastik pembungkus atau cetakan kue

Cara Membuat:

  1. Rebus air sekitar 500 ml. Masukkan mutiara dan rebus selama 5 menit. Matikan api, aduk-aduk sebentar, tutup panci dan biarkan selama 15 menit.
  2. Nyalakan lagi api dan masak lagi selama 7 menit hingga mutiara mengental dan transparan. Matikan api dan biarkan mutiara matang dengan sendirinya.
  3. Pada panci lain, tuang 300 ml santan dan vanili. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  4. Masukkan gula pasir, garam dan vanili bubuk, aduk rata hingga gula larut. Kecilkan api.
  5. Larutkan tepung hungkwe dalam 200 ml air. Tuang ke dalam santan. Aduk rata hingga hungkwe mengental dan matang. Tes rasa jika masih terasa tepung, masak lagi agak lama hingga rasa tepungnya hilang.
  6. Sagu mutiara yang sudah matang, tanda jika sudah benar-benar matang adalah bagian tengahnya tidak terlihat putih. Tuang air dan saring agar tidak tersisa air kentalnya.
  7. Campurkan ke dalam hungkwe yang sudah matang, masak sebentar, angkat dan cetak pada wadah-wadah kecil atau bungkus dengan plastik-plastik kecil.

Diamkan hingga padat dan dingin, keluarkan cantik manis yang sudah keras. Bisa juga disimpan di kulkas sebelum dinikmati. 

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Arti Mimpi Soal Idola yang Kamu Puja
Artikel Selanjutnya
Mau Main Game Among Us Seharian Tanpa Khawatir Baterai Drop? Yuk Andalkan Samsung Galaxy S20 FE