Sukses

Lifestyle

8 Jenis Keputihan yang Mengartikan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan, namun keputihan yang dialami setiap perempuan bisa jadi berbeda-beda. Ada keputihan dalam kategori normal dan sehat, ada juga yang mengindikasikan adanya penyakit. Nah, ini dia beberapa jenis keputihan yang kemungkinan dialami perempuan dan makna dibaliknya, seeprti dilansir dari Sutterhealth dan Teen Vogue.

1. Cairan kental, bening dan elastis seperti putih telur

Ini adalah tanda kamu sedang dalam masa subur. Tubuh kamu sedang mengalami ovulasi, di mana indung telur melepas sel telur. Sebelum proses ovulasi, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan bening sebagai 'alat transportasi' sperma sehingga mempermudah mencapai sel telur di dalam rahim.

2. Putih kental tidak berbau dan tidak elastis

Ini adalah tanda keputihan normal, putih ketika basah dan agak kuning ketika sudah mengering. Biasanya keluar mendekati menstruasi. Beberapa hari setelah ovulasi, keputihan juga bisa muncul karena kamu akan menstruasi. Selama tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal di area miss V, ini normal.

3. Cairan berwarna putih susu kental lengket

Ketika tubuh terlalu lelah atau sedang stres, kamu juga bisa mengalami keputihan. Berapa banyak keputihan keluar tergantung seberapa stres tubuhmu.

4. Cairan kuning cenderung kecokelatan gelap

Terkadang kamu akan mengalami nge-flek tanpa sebab. Jangan keburu panik, jika menemukan ada bercak kecokelatan saat keputihan, ini bisa jadi hanya darah sisa menstruasi atau random flek. Flek yang terjadi secara tiba-tiba bisa karena siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Cairan creamy, kental atau seperti berbusa dan ringan

Ini bisa jadi tanda kehamilan. Perempuan hamil sering mengalami keputihan kental dan lebih seperti krim. Selama tidak menimbulkan bau dan tidak berwarna, itu adalah tanda normal.

6. Cair being dan licin

Ini tanda kamu sedang terangsang secara seksual. Sebenarnya ini bukan keputihan namun cairan vagina ini cukup sering keluar di saat tertentu, terutama ketika tubuh ingin melakukan hubungan seksual.

7. Cair seperti air dan mudah kering

Terkadang ada keputihan yang keluar seperti air, tidak berbau dan cepat kering. Ini tanda keputihan yang sering terjadi setelah olahraga atau terlalu sering olahraga.

8. Berwarna abu-abu, hijau, dan berbau

Ini tanda penyakit. Ketika keputihan tidak pada umumnya, apalagi disertai rasa sakit, gatal, terbakar atau panas di area vagina, berarti mengindikasikan adanya infeksi.

Jadi, selama tidak mengalami yang nomer delapan, sepertinya tak ada yang perlu kamu khawatirkan Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading