Sukses

Lifestyle

Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Simak 4 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Ketika menggoreng ikan, salah satu kekhawatiran terbesar kita adalah ikan yang lengket dan menempel di permukaan wajan. Hal ini pastinya sangat mengesalkan, ya. Tapi tenang saja. Ada beberapa tips yang bisa dicoba dalam menggoreng ikan agar tidak lengket.

Dengan tips-tips sederhana ini, kita bisa mengurangi risiko ikan lengket atau menempel di wajan saat digoreng. Selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini, ya.

1. Wajan Dipanaskan Dulu

Wajan atau penggorengan bisa dipanaskan lebih dahulu selama beberapa saat. Setelah itu tuangkan minyak ke dalamnya. Jadi, panaskan dulu penggorengan baru tuang minyaknya. Selain itu, pastikan untuk menggunakan wajan atau penggorengan yang bersih dan minyak baru. Wajan yang bersih akan meminimalisir kemungkinan ikan lengket di wajan saat digoreng.

2. Pastikan Volume Minyak Bisa Merendam 2/3 Bagian Tubuh Ikan

Tak harus menggunakan minyak yang melimpah untuk menggoreng ikan. Cukup pastikan volume minyak bisa merendam 2/3 bagian tubuh ikan. Sehingga ketika ikan goreng, akan mudah mengembang dan matang merata.

 

 

3. Pakai Api Sedang selama Proses Penggorengan

Ketika minyak goreng sudah panas, gunakan api sedang untuk menggoreng ikan. Proses penggorengan dengan api sedang memudahkan proses agar ikan matang merata dan tidak gampang gosong. Dan pastikan minyak sudah dalam keadaan panas, ya. Jika minyaknya kurang panas, ikan akan langsung tenggelam dan biasanya akan menempel di dasar wajan. Selain itu, minyak yang belum panas akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang nanti.

4. Baluri Ikan dengan Tepung Terigu

Ikan yang dibaluri tepung terigu akan membuat bagian kulit ikan cepat garing saat digoreng. Selain itu, balutan tepung ini memudahkan ikan untuk lepas dari dasar penggorengan. Kita juga bisa melapisi ikan dengan telur, tapi hasilnya nanti ikan akan terlalu berminyak karena telur yang mudah menyerap minyak saat digoreng.

Bagaimana? Tips-tipsnya cukup mudah, bukan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak Ini yang Paling Gampang Jatuh Cinta pada Aquarius
Artikel Selanjutnya
Sepasang Kekasih Tetap Melangsungkan Acara Pernikahan di Tengah Pandemi dengan Driver-In