Sukses

Lifestyle

Oppo Art Jakarta Virtual 2020, Cara Baru Gelar Pameran Seni Rupa di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Pandemi COVID-19 membuat sebagian kegiatan offline tidak bisa diselenggarakan. Mulai dari konser musik hingga pameran seni. Seperti Art Jakarta sebagai kegiatan pameran seni rupa tahunan yang terpaksa harus ditunda penyelenggaraannya tahun ini. Meski demikian, Art Jakarta tetap digelar dalam konsep virtual yang disebut Oppo Art Jakarta Virtual 2020.

Beradaptasi dengan teknologi digital, Oppo Art Jakarta Virtual 2020 menjadi cara baru penyelenggaraan sebuah pameran seni rupa di masa pandemi.

"Kita sama-sama mengalami masalah akibat andemi. negara di seluruh menunda acara Art Jakarta tahun ini hingga tahun depan. kami menyadari bahwa kami bagian terpadu dari ekosistem seni rupa di Indonesia dan asia tenggara," ungkap Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta.

Oppo Art Jakarta Virtual 2020 menjadi sebuah pameran bersama yang diadakan secara virtual. Sebagai cara untuk menjaga optimisme bahwa dengan berbagai kerja dan karya seni rupa tetap dapat bermakna di tengah berbagai pembatasan fisik. Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan kerja kreatif, serta tetap dapat menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.

 

Digelar secara virtual

Penyelenggaraan Oppo Art Jakarta Virtual 2020 akan berlangsung selama dua bulan. Dimulai pada 19 Oktober-15 Desember 2020 dengan mengakses www.artjakarta.com. Melalui pameran virtual ini diharapkan dapat membantu seniman lokal untuk dapat tetap berkarya dan memberikan ruang apresiasi yang pantas dari publik pecinta seni.

Art Jakarta akan emnampilkan pameran dari 38 galeri seni rupa. Terdiri dari 27 galeri Indonesia dan 11 galeri Internasional. Selain itu, Art Jakarta memberikan perhatian khusus pada seniman melalui kelompok dan lembaga yang mereka kelola selama ini. Dengan menghadirkan Art Jakarta Scene menjadi sebuah ruang bagi pada seniman untuk menampilkan pameran karya seni rupa dari 16 komunitas seniman.

 

Lelang smartphone

Tak ketinggalan, Oppo kembali mendukung kegiatan Art Jakarta melalui smartphone Oppo Find X2 Series. Denagn semangat Uncover The Ultimate, Oppo berupaya mendampingi masyarakat agar tetap menikmati karya seni secara virtual. Serta memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi karya seni melalui pengalaman baru artfair di platform Oppo Art Jakarta Virtual 2020.

Bekerja sama dengan 10 seniman ternama Indonesia, Oppo menghadirkan Oppo Find Art yang menampikan karya seni mereka dalam satu set karya orisinil dan ukiran di perangkat Oppo Find X2. Kemudian akan dilelang untuk didonasikan ke komunitas seniman. Seniman yang terlibat di antaranya AdityaNovali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading