Sukses

Lifestyle

Biasakan Pergi Tidur Malam Hari dengan Perut Kosong, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Di antara kita pasti ada yang pernah mendengar anjuran untuk pergi tidur malam hari dengan perut kosong. Dengan kita lain, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan berat jelang jam tidur. Apakah anjuran itu untuk mencegah tubuh gemuk? Ternyata ada alasan yang lebih penting.

Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, hindari memasukkan apa pun ke perut 4-5 jam sebelum tidur. Pada malam hari, sebaiknya kita punya jadwal makan dan jadwal tidur yang saling menyesuaikan. Misalnya, berencana untuk tidur pada pukul 23.00, maka mulai pukul 19.00 berhentilah makan. 

Tidur dengan Perut Kosong Mencegah Infark Miokardinal

Dijelaskan lebih lanjut dalam buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya bahwa penyebab serangan jantung (infark miokardinal) pada dini hari adalah asam yang mengalir balik sebagai akibat dari makan atau minum larut malam. Maka dari itu, salah satu upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah tidur malam dengan perut kosong.

Tidur dengan Perut Kosong Mencegah Sleep Apnea

Sleep apnea adalah suatu penyakit saat pernapasan terhenti berkali-kali saat tidur. Ada penyempitan saluran pernapasan yang parah. Orang yang mengidap obesitas berisiko tinggi mengalami sleep apnea. Tidur dengan perut kosong bisa memabntu mencegah dan menyembuhkan sleep apnea.

Tidur dengan Perut Kosong Menciptakan Lingkungan Usus Seimbang

Kondisi lambung kosong saat tidur dapat menciptakan lingkungan usus yang seimbang. Sehingga sangat kondusif bagi penyembuhan diri, ketahanan dan kekebalan tubuh karena tersedia asam keras berkadar tinggi yang membunuh bakteri Helicobacter pylori, juga bakteri-bakteri jahat lain. Wah, manfaatnya ternyata sangat luar biasa.

Bagi kita yang baru mencoba untuk membangun pola hidup dan pola makan yang lebih sehat, bisa mencoba langkah ini sebagai tahap awal. Upayakan 4-5 jam sebelum tidur tidak mengonsumsi makanan berat. Bukan hanya untuk mencegah kegemukan tapi juga menjaga kesehatan tubuh.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading