Sukses

Lifestyle

Masak Steak di Malam Tahun Baru? Simak Caranya Biar Empuk dan Juicy

Fimela.com, Jakarta Perayaan tahun baru 2021 memang berbeda dari biasanya. Justru, tahun ini akan semakin berkesan karena akan dirayakan di rumah bersama keluarga. Lalu, apa rencana yang akan kamu lakukan?

Jika mengadakan pesta barberque, atau sekedar ingin memasak steak, tentu kamu harus tahu trik berikut agar daging terasa empuk dan juicy.

1. Pilih daging steak yang baik

Tak perlu membeli daging premium super mahal, hal terpenting adalah mengetahui jenis daging yang cocok untuk diolah jadi steak. Kamu bisa menggunakan daging has dalam atau dikenal dengan tenderloin yang punya lemak memanjang di satu sisinya. Atau, rib eye, daging di sekitar tulang iga yang akan menghasilkan cita rasa steak nan gurih.

2. Pilih metode memasak yang sederhana

Teknik memasak pan-seared atau braising. Teknik tersebut lebih mudah dipraktikkan dan tak membutuhkan alat pemanggang khusus. Cukup siapkan wajan anti lengket, sehingga kamu tak perlu menambahkan minyak. Panggang daging yang sudah dibumbui dengan wajan tersebut. Masak hingga kedua sisinya matang sempurna.

3. Gunakan bumbu minimalis

Menambahkan terlalu banyak bumbu marinasi hanya akan menutup rasa asli daging yang gurih. Selain itu, bumbu marinasi yang terlalu tebal akan membuat permukaan daging mudah gosong.

4. Masak daging jangan dalam kedaan beku

Memanggang daging sapi beku hanya akan membuatnya matang di luar namun dingin di dalam. Maka, sekitar 20-30 menit hingga es dalam daging benar-benar mencair.

5. Setelah dimasak, istirahatkan sejenak

Jangan langsung memotong daging sesaat setelah matang. Usahakan untuk diamkan sejenak 2-3 menit setelah matang, lalu potong dan sajikan. Memotong daging setelah matang hanya akan membuat sari daging keluar dan membuat rasanya kurang nikmat.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • steak

Loading