Sukses

Lifestyle

Bukti Studi, Hubungan Buruk dengan Ibu Memiliki Risiko Seperti Ini saat Dewasa

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu bahwa hubungan orangtua dan anak bukan hanya memengaruhi mental dan kepribadian anak tapi juga bisa memengaruhi anak secara fisik, terutama risikonya terhadap obesitas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Pediatrics menemukan bahwa hubungan buruk dengan ibu membuat anak lebih cenderung mengalami obesitas saat remaja hingga dewasa.

Peneliti melacak data dari 977 anak yang lahir pada tahun 1991 dan terdaftar dalam Study of Early Child Care and Youth Development dan melihat bahwa mereka yang memiliki ikatan emosional yang buruk dengan ibu mereka semasa anak-anak ternyata memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami obesitas di usia 15 tahun, dibandingkan anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan ibunya.

Hubungan Buruk dengan Ibu Membuat Anak Rentan Obesitas

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa hubungan emosional dengan kualitas paling rendah dengan ibunya di mulai usia 3 tahun ternyata 26% lebih rentang mengalami obesitas, dibandingkankan mereka yang pernah lebih dekat dengan ibunya yang hanya memiliki 13% kemungkinan mengalami obesitas.

Ketua penelitian, Sarah Anderson dari Ohio State University mengatakan bahwa hubungan antara obesitas anak remaja hingga dewasa kemungkinan disebabkan oleh tingkat stres anak yang tinggi dan kacaunya metabolisme tubuh karena merasa tidak tenang. Pada akhirnya anak mencari pengalihan emosi dengan cara makan.

Jika Sahabat Fimela mungkin mengalami obesitas saat ini, coba ingat-ingat apakah kamu pernah memiliki hubungan buruk dengan ibu.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading