Sukses

Lifestyle

4 Tips Memasak Telur yang Lebih Sehat, Sudah Coba?

Fimela.com, Jakarta Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah didapat. Baik untuk dikonsumsi rutin demi mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh. Tapi kalau cara memasaknya kurang tepat, kandungan nutrisi yang kita dapatkan dari telur bisa berkurang.

Ada sejumlah tips dalam memasak telur yang lebih sehat. Mengutip laman healthline.com, ada cara-cara yang bisa kita lakukan untuk membuat telur yang kita konsumsi lebih sehat. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di bawah ini.

1. Pilih Metode Memasak Rendah Kalori

Pilih metode memasak telur dengan cara merebusnya. Kita bisa membuat telur rebus atau poached egg. Poached egg adalah racikan telur ceplok yang direbus pada air mendidih. Dengan metode memasak rendah kalori ini, kita tak perlu khawatir dengan kalori lemak yang berlebihan pada telur karena tidak menggunakan minyak atau mentega tambahan.

2. Kombinasikan Telur dengan Sayur Mayur

Telur sangat baik dikombinasikan dengan sayur mayur. Konsumsi telur dengan sayur bisa memudahkan kita mendapatkan serat dan vitamin tambahan yang baik untuk tubuh. Misal, ingin membuat telur orak-orak karena bosan dengan telur rebus, maka bisa tambahkan bayam atau irisan telur di dalamnya.

 

3. Jangan Memasak Telur Terlalu Lama

Semakin lama dan panas telur dimasak, semakin banyak nutrisinya yang akan hilang. Menggunakan panas yang tinggi untuk memasak telur bisa meningkatkan jumlah kolesterol yang teroksidasi pada telur. Ada baiknya telur tidak dimasak dalam waktu yang terlalu lama atau overcooked.

4. Pilih Minyak yang Stabil pada Suhu Tinggi

Rekomendasi minyak untuk menggoreng telur yang lebih sehat adalah minyak alpukat (avocado oil) dan minyak bunga matahari (sunflower oil). Kalau tidak ada, kita bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, usahakan untuk memasaknya dengan suhu di bawah 210 derajat celcius.

Kualitas telur dipengaruhi oleh kualitas makanan yang dikonsumsi oleh ayam dan metode ternaknya. Saat membeli telur di supermarket, coba cari telur organik. Telur organik diyakini lebih bernutrisi daripada telur biasa.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

;
Loading