Sukses

Lifestyle

Mengawali Hari dengan Stretching, Ini yang Terjadi pada Tubuh dan Pikiran

Fimela.com, Jakarta Stretching atau latihan peregangan biasanya dilakukan sebelum melakukan olahraga atau bagian dari pemanasan. Tapi tahukah bahwa mengawali hari dengan stretching bisa memberi manfaat yang istimewa? Ketika baru bangun tidur misalnya, stretching bisa dilakukan sebelum mulai beraktivitas.

Latihan peregangan yang sepintas tampak sederhana ternyata punya manfaat istimewa. Melansir laman bustle.com, Dr. Nailah Abdulbaaqee, M.D., mengungkapkan bahwa peregangan statis (static stretching) bisa memperlancar sirkulasi darah ke otak, mengurangi stres dan tekanan, serta meningkatkan suasana hati. Peregangan statis adalah penguluran otot yang dilakukan secara perlahan-lahan pada titik ketidaknyamanan yang tak menimbulkan rasa sakit serta dipertahankan pada posisi teregang.

 

Meningkatkan Energi dan Suasana Hati

Dengan latihan peregangan, sirkulasi darah ke otak lebih lancar. Hal ini pun bisa meningkatkan energi tubuh sekaligus meningkatkan suasana hati. Pikiran pun jadi lebih jernih dan membuat kita lebih siap untuk menjalani aktivitas atau rutinitas.

Peregangan tak hanya sebatas pemanasan atau pendinginan setelah olahraga, ungkap Ali Duncan seorang instruktur yoga dan pendiri Urban Sanctuary. Latihan peregangan juga menenangkan pikiran.

"Saat kita bernapas dalam dan penarikan napas panjang serta penghembusan napas lebih panjang, kita merangsang sistem saraf parasimpatetik kita," papar Duncan. Jenis pernapasan yang seperti ini bisa menenangkan bagian otak yang berfungsi pada mekanisme melawan atau lari dan membuat tubuh lebih rileks. Semakin tenang pikiran, semakin jernih kita dalam berpikir.

Penting untuk lebih fokus pada pernapasan daripada hanya mengulurukan otot. Helen Phelan seorang instruktur Pilates menjelaskan bahwa untuk bisa melakukan peregangan yang efektif, penting untuk melakukannya secara perlahan dan merasakan kesadaran tubuh yang membuat kita merasa lebih fokus pada saat ini.

Imbangi setiap gerakan peregangan atau penguluran otot dengan bernapas yang lebih dalam dan teratur. Maka, otot tubuh dan pikiran kita akan lebih tenang pada waktu yang bersamaan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading