Sukses

Lifestyle

Stres Selama WFH? Ini 5 Rekomendasi Lilin Aromaterapi agar Pikiran Rileks

Fimela.com, Jakarta Meski kini segala aktivitas dilakukan di rumah, bukan berarti tak bisa merasakan stres. Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, melakukan pekerjaan dari rumah melaporkan tingkat stres yang lebih tinggi.

Jika liburan menjadi hal yang tak memungkinkan selama pandemi Corona, salah satu alternatif yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan lilin aromaterapi.

Tidak hanya sekedar digunakan sebagai wewangian, lilin aromaterapi disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan. Menurut Chrsyssa Chalkia, seorang psikoterapis Integratif Klinis dan Terapis perilaku kognitif, menyebutkan lilin beraroma dapat mengurangi stres dan kecemasan.

"Terbukti secara ilmiah bahwa lilin beraroma dapat memainkan peran penting dalam efek fisiologis suasana hati, stres, kapasitas kerja, dan kesehatan mental secara keseluruhan," kata Chalkia, Dikutip dari Travel and Leisure.

Menurutnya, efek menenangkan yang dimiliki lilin aromaterapi didasarkan pada bagaimana otak memproses bau. Lilin yang beraroma ini akan merangsang sistem limbik atau bagian otak yang berperan dalam pembentukan emosi.

"Hormon seperti serotonin dan dopamin dapat diproduksi untuk membantu. mengatur suasana hati. Oleh karena itu, keadaan emosi kita dipengaruhi oleh hubungan yang terjalin antara aroma, ingatan, dan emosi. " ujarnya.

Lantas aroma apa saja yang bisa membantu meredakan stres saat Work from home? dikutip dari Home and Decor, berikut ini 5 rekomendasi wangi lilin aroma terapi untuk bantu pikiran lebih rileks.

1. Bergamot

Bergamot identik dengan aroma sitrusnya yang menyegarkan. Umumnya, aroma satu ini sering digunakan untuk campuran parfum dan sabun. Namun, tak jarang ditemukan dalam aromaterapi yang disukai banyak orang, terutama dari segi kesehatan.

Aroma sitrus dari bergamot bermanfaat untuk meringankan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, dan flu. Selain itu, wewangiannya juga dapat membuatmu menjadi rileks, bahagia, dan bersemangat.

2. Grapefruit

Grapfruit atau jeruk limau gadang, telah lama dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, aromanya juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Menghirup aroma dari grapefruit dapat membantu meredakan stres dan gangguan kecemasan.

Ciri khas grapefruit ialah memiliki aroma sitrus yang segar, sehingga ketika Anda menghirup aromanya dapat memberikan energi dan menawarkan sensasi yang menyegarkan di ruangan.

3. Geranium

Kalau kamu menyukai aroma yang lebih kalem, geranium bisa menjadi salah satu pilihan. Sebab, ciri khas geranium sendiri memiliki aroma bunga yang manis dan lembut.

Lilin aromaterapi geranium cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di rumah termasuk WFH, karena terbukti dapat mengurangi ketegangan dan stres.

 

4. Jasmine

Lilin aromaterapi jasmine atau bunga melati cocok untuk kamu yang tak menyukai aroma yang kuat. Karena, melati identik dengan aroma yang lembut dan feminin. Tak heran, aroma melati disukai banyak orang.

Selain aromanya yang lembut, menghirup melati akan memberikan sensasi yang menenangkan, menciptakan suasana yang santai, membangkitkan energi positif, serta meningkatkan kepercayaan diri. Oleh sebab itu, aroma melati direkomendasikan untuk kamu yang sering merasa stres dan kelelahan akibat WFH.

5. Ylang Ylang

Aromaeterapi dari ylang-ylang umumnya berasal dari bunga kenanga. Karakteristik aromanya ialah memiliki wangi bunga yang manis dan hangat. Secara tradisional, ylang ylang digunakan untuk meredakan stres.

Namun kini, aromaterapi ini dimanfaatkan untuk redakan ketegangan dan menenangkan gangguan kecemasan. Melansir dari Medical News Today, dalam sebuah studi tahun 2014 disebutkan, orang yang menghirup ylang-ylang selama 30 hingga 90 hari melaporkan peningkatan harga diri yang lebih tinggi.

Penulis: Hilda

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ikan Mas Bakar Kecap Sederhana
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Kualitas Paling Umum yang Dimiliki Sagitarius Sebagai Seorang Petualang