Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Insomnia agar Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya kesulitan untuk tertidur atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup, sekalipun memiliki waktu untuk melakukannya. Insomnia ini jika terus berlanjut bisa menyebabkan gangguan kesehatan secara fisik maupun mental karena tubuh memerlukan waktu sekitar 8 jam untuk beristirahat dan mengembalikan energinya.

Nah, di sini ada beberapa tips untuk mengatasi susah tidur bagi penderita insomnia. Yuk! Langsung saja, simak tipsnya di bawah ini.

Bangun di Waktu yang Sama

Memang sangat menggoda sekali untuk tertidur saat larut malam, apalagi jika masih banyak kegiatan yang ingin dilakukan atau pada saat-saat akhir pekan yang santai, terutama jika dirimu kurang tidur selama seminggu. Namun, jika kamu adalah seorang yang menderita insomnia sebaiknya, biasakanlah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuhmu agar bangun pada waktu yang sama secara konsisten.

Hindari Minuman Berkafein

Efek kafein dapat bertahan selama beberapa jam, bahkan hingga 24 jam. Jadi kemungkinannya sangat signifikan memengaruhi tidur. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan memulai tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun pada waktu malam hari. Alangkah baiknya, jika dirimu menderita insomnia untuk menghidari minuman berkafein, seperti kopi atai coklat pada waktu malam, agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Batasi Tidur Siang

Meskipun tidur siang tampaknya merupakan cara yang tepat untuk mengejar ketinggalan tidur, tidak selalu demikian. Penting untuk membangun dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk mengasosiasikan tidur dengan isyarat seperti kegelapan dan waktu tidur yang konsisten. Tidur siang dapat memengaruhi kualitas tidur malam, karena tubuh akan menjadi kesulitan membedakan antara waktu beristirahat dan waktu untuk beraktivitas.

Melakukan Aktivitas Fisik secara Rutin

Olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, berolahraga sebelum tidur dapat memberikan efek stimulan pada tubuh dan harus dihindari. Usahakan untuk menyelesaikan olahraga setidaknya tiga jam sebelum tertidur atau sebaiknya melakuka olahraga pada waktu pagi agar malam hari tubuh bisa beristirahat dengan baik.

Batasi Aktivitas di Tempat Tidur

Jadikan tempat tempat tidur hanya untuk tertidur dan bukan untuk aktivitas lainnya. Jika dirimu menderita insomnia, jangan menggunakan tempat tidurmu sebagai tempat belajar, tempat bekerja dan hindari juga aktivitas lainnya seperti menonton televisi, membaca buku dan sebagainya. Karena semua aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan di tempat tidur akan membuat tubuh sulit beristirahat.

Selain cara di atas, insomnia juga dapat diatasi dengan menghindari makan atau minum sebelum tidur, membuat tempat tidur tetap nyaman, memenangkan pikiran dan melakukan latihan tidur secara bertahap. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading