Sukses

Parenting

5 Tips Sederhana Mengatasi Insomnia Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan hamil mengalami kesulitan tidur selama kehamilan. Insomnia terjadi dalam beberapa bentuk seperti sulit tidur ketika mencoba untuk tidur atau bangun di tengah malam dan sulit tidur kembali. Antara ketidaknyamanan fisik kehamilan dan kekhawatiran membuat Mom terjaga di malam hari. Beberapa tips berikut ini dapat membantu Mom meningkatkan kualitas dan durasi tidur selama kehamilan.

Buat Rutinitas Sebelum Tidur

Terkadang masalahnya adalah ketika akan tidur dan tidak dapat tertidur karena tidak siap secara fisik atau mental untuk tidur. Melakukan rebahan di ranjang, ketika benar-benar siap untuk tidur, ini dapat meningkatkan kemungkinan untuk dapat meningkatka kualitas tidur. Agar dapat tertidur, hindari kafein di sore hari dan hindari kegiatan yang berat sebelum tidur atau bahkan melakukan diskusi dengan pasangan di tempat tidur.

Makan Camilan Sehat

Beberapa perempuan mungkin akan makanan camilan untuk dapat membantu mereka tertidur. Tetapi jangan berlebihan karena kehamilan meningkatkan kemungkinan mulas setelah makan yang membuat seseorang tetap terjaga sepanjang malam. Susu hangat dan sandwich adalah salah satu pilihan camilan yang dapat membantu seseorang untuk lebih mudah tertidur.

Lakukan Latihan Relaksasi

Melakukan latihan relaksasi, baik sendiri atau bersama pasangan dapat membantu tertidur lebih cepat. Lakukan meditasi, olah pernapasan, atau bahkan mencoba teknik relaksasi yang dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak.

Mandi Air Hangat

Mandi tidak hanya dapat membuat rileks dan menenangkan tubuh tetapi juga dapat membantu tidur lebih nyaman dan nyenyak. Jika selama kehamilan merasakan rasa sakit di tubuh seperti kram kaki yang dapat mengganggu tidur, cobalah untuk mandi atau merendam kaki dengan air hangat dengan garam, hal itu dapat membantu meringankan rasa sakit dan merilekskan otot tubuh.

Membaca Buku

Membaca, kegiatan kecil yang dapat membantu otak lebih fokus dan rileks sehingga Mom dapat tertidur dengan tenang. Hindari membaca novel yang berat, atau buku-buku tentang misteri. Buku-buku nama bayi bisa menjadi bacaan yang menyenangkan sebelum tidur, tetapi Mom juga harus menghindari membaca buku-buku tentang kehamilan yang dapat menimbulkan lebih banyak kekhawatiran.

Insomnia selama kehamilan adalah yang umum terjadi pada sebagian besar perempuan hamil. Ada banyak cara untuk mengatasi insomnia tentunya dengan cara alami yang tidak membahayakan kehamilan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
KPAI Jamin Perlindungan Anak dari Masalah Pendidikan Hingga Kesehatan di Masa Pandemi Virus Corona
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mengatasi Gangguan Sembelit Bagi Ibu Hamil